5 Penyandang Disabilitas yang Mengguncang Dunia Berkat Kesuksesannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 04 612 2137748 5-penyandang-disabilitas-yang-mengguncang-dunia-berkat-kesuksesannya-Pzje1g4Qj0.jpg Penyang Disabilitas Stephen Hawking (Foto: AFP)

Sejumlah selebriti dan tokoh dunia telah membuktikan dengan segala keterbatasan yang dimiliki tidak menghambat mereka meraih kesuksesan. Determinasi dan kerja keras inilah yang ditunjukkan oleh para penyandang disabilitas dunia yang sekarang menjadi sosok inspiratif bagi banyak orang.

Dikutip Okezone dari Sunrisemedical.co.uk, Selasa (3/11/2019), setidaknya ada 5 tokoh penyandang disabilitas yang berhasil mengguncang dunia berkat kesuksesannya. Yuk simak langsung ulasan lengkapnya di bawah ini.

Frida Kahlo

Sejak kecil, Frida Kahlo didiagnosis menderita polio

Sejak kecil, Frida Kahlo didiagnosis menderita polio. Bahkan menurut beberapa sumber, ia juga mednerita spina bifida yang menyebabkan dismetria di kaki kanannya. Selain itu, masalah tulang belakanganya semakin bertambah parah pasca insiden kecelakaan yang ia alami di masa remaja.

Insiden tersebut membuat Frida mengalami masalah fisik seumur hidupnya. Kendati demikian, ia menjadi salah satu seniman paling terkenal sepanjang masa dan menjadi ikon pada abad ke-20.

John Nash

John Nash adalah seorang matematikawan asal Amerika Serikat yang mengindap skizofrenia paranoid akut

(Foto: Rex Features)

Contoh lain dari kalangan selebriti atau tokoh dunia yang berhasil memecahkan stigma tentang disabilitas adalah John Nash. Dia adalah seorang matematikawan asal Amerika Serikat yang mengindap skizofrenia paranoid akut.

Kisah hidup penyandang disabilitas ini bahkan sempat diadaptasi ke dalam film berjuful “A Beautiful Mind”. Film yang dibintangi oleh Russel Crowe ini bahkan berhasil memenangkan 4 penghargaan di ajang Academy Awards tahun 2002 silam.

Stephen Hawking

Siapa yang tidak tahu Stephen Hawking? Dia adalah seorang fisikawan, kosmologis, dan ilmuwan terkemuka yang didiagnosis menderita ALS pada usia 21 tahun

(Foto: Reuters)

Siapa yang tidak tahu Stephen Hawking? Dia adalah seorang fisikawan, kosmologis, dan ilmuwan terkemuka yang didiagnosis menderita ALS pada usia 21 tahun. Kala itu, dokter mengklaim Stephen hanya mampu bertahan hidup 2 tahun lagi. Namun ia berhasil mematahkan diagnosis tersebut dan masih bertahan hingga tutup usia pada 14 Maret 2018.

Sejak mengidap ALS, sebagian besar bagian tubuh Stephen Hawking mengalami lumpuh. Dimulai dari kepala hingga kaki. Bahkan untuk berbicara pun, ia dibantu dengan sebuah alat khusus agar dapat berkomunikasi.

Ia juga memiliki kursi roda canggih yang dioperasikan melalui sensor mata maupun gerakan kepala. Kisah hidupnya juga dituangkan dalam film box office berjudul “The Theory of Everything” yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch.

Nick Vujicic

Nick Vujicic merupakan selebriti dengan disabilitas yang cukup terkenal di seluruh dunia

Nick Vujicic merupakan selebriti dengan disabilitas yang cukup terkenal di seluruh dunia. Selain sukses menjadi seorang motivator, Nick juga mendirikan Life Without Limbs yakni, sebuah organisasi untuk membantu para penyandang cacat fisik.

Pada 1982, Nick terlhari dengan sindrom tetra-amelia. Semasa kecil, ia mengaku sering menjadi bahan olokan teman-temannya, hingga pernah melakukan percobaan bunuh diri. Namun seiring berjalannya waktu, dia mulai berdamai dengan dirinya dan menyadari bahwa ia juga memiliki potensi untuk menjadi orang yang sukses.

Saat ini, Nick berprofesi sebagai penceramah agama sekaligus motivator, rutin menulis buku, dan sering tampil di berbagai acara talk show. Popularitasnya sempat melejit pesat saat membintangi film pendek menyentuh berjudul “The Butterfly Circus”.

Andrea Boccelli

Penyanyi tenor asal Italia Andrea Bocelli juga dikenal sebagai salah satu tokoh dunia yang menyandang status disabilitas

(Foto: Variety)

Penyanyi tenor asal Italia Andrea Bocelli juga dikenal sebagai salah satu tokoh dunia yang menyandang status disabilitas. Ia dilahirkan dengan glaucoma bawaan yang membuat sebelah matanya buta. Namun hal tersebut tidak menghentikan Bocelli untuk mengambil pelajaran piano.

Pada usia 12 tahun, dokter menyatakan bahwa Bocelli telah mengalami kebutaan permanen. Ini buntut dari insiden cedera saat ia sedang bermain bola.

Tapi Bocelli tidak pernah putus asa. Ia terus mengasah bakat bawaannya dan memutuskan fokus pada bidang musik. Di samping itu, ia juga menambah wawasan dengan mempelajari hukum. Kini, ia dikenal sebagai salah satu penyanyi tenor paling fenomenal di dunia dan telah menjual lebih dari 75 juta rekaman.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini