nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keponakan Soeharto Kolektor Sneakers Air Jordan 1 Terbanyak di Indonesia, Yuk Intip Koleksinya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 05 194 2138339 keponakan-soeharto-kolektor-sneakers-air-jordan-1-terbanyak-di-indonesia-yuk-intip-koleksinya-QKxDbb0Vdu.jpg Koleksi sneakers Air Jordan 1 keponakan Soeharto (Foto : Robert Harianto/Youtube)

Sneakers menjadi salah satu item fashion yang paling berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, beberapa rumah mode ternama dunia sampai ikut-ikutan merilis koleksi khusus, guna menarik perhatian para pencinta sneakers di seluruh dunia.

Nah, bicara soal sneakers sepertinya tidak afdol bila belum membahas Air Jordan 1. Sepatu basket keluaran Nike ini memang diklaim menjadi sneakers paling populer karena desainnya yang tak lekang oleh waktu.

Saking uniknya, beberapa kolektor menjadi sepatu tersebut sebagai benda investasi. Tak terkecuali bagi Priast. Pria yang akrab disapa Dipsky ini diklaim sebagai kolektor Air Jordan 1 terbanyak di Indonesia.

Hal ini terungkap saat Priast menjadi bintang tamu dalam kanal YouTube milik news anchor Robert Harianto berjudul Keluarga Hypebeast: Menteng, Kolektor Air Jordan 1 Terbanyak di Indonesia.

Robert yang juga merupakan kolektor Air Jordan 1, berkesempatan melihat langsung koleksi Priast di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Sesampainya di lokasi, Robert merasa takjub melihat penampakan rumah Priast yang sangat luas dan dirimbuni pepohonan rindang. Sang empunya rumah pun mengatakan bahwa sebagian besar tumbuhan itu diambil langsung dari Kebun Raya Bogor. Kebetulan, ibunya memang hobi berkebun.

Sebelum masuk ke segmen utama, Robert sempat mengonfirmasi sebuah informasi tentang silsilah keluarga Priast yang konon merupakan keponakan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto.

"Yang kita tahu, bener apa salah di konfimasi ya. Lo katanya ponakan Pak Harto ya?," tanya Robert.

Priast kemudian dengan ramah menjawab pertanyaan tersebut.

"Betul, Pak Probosutedjo itu bapak saya, dia itu adik satu ibu sama Pak Harto," jawab Priast singkat sembari menjelaskan bahwa sejak kecil ia memang lahir dan tumbuh besar di kawasan Menteng seperti Keluarga Cendana lainnya.

Koleksi Air Jordan

Tak beberapa lama kemudian, Robert langsung diajak menyambangi museum mini, tempat Priast menyimpan ratusan koleksinya. Ukuran ruangan tersebut memang tidak terlalu besar, namun dipenuhi rak-rak sepatu yang tersebar di setiap sudutnya.

Priast mengatakan koleksinya terbagi menjadi beberapa row, ada rak khusus yang menyimpan sepatu-sepatu rare, ada juga rak khusus yang meyimpan sepatu-sepatu spesial (ada kenangan tersendiri).

Seluruh sepatu itu tidak hanya sekadar menjadi pajangan. Priast ternyata tidak pernah ragu untuk memakainya. Padahal, sebagian besar sepatu yang ia miliki itu dibanderol dengan harga yang sangat fantastis hingga Rp89 juta.

Berikut Okezone rangkumkan beberapa koleksi AJ 1 paling memorable dan berharga bagi Priast.

Air Jordan 1 x TED X Portland

Air Jordan

"Sepatu ini sebenarnya enggak mahal sih, kalau enggak salah cuma Rp 28 juta. Ini kolaborasi Air Jordan dengan TED X Portland tahun 2012. Hanya rilis 230 pair di dunia, setengahnya dilelang buat beasiswa TED X. Nama sepatunya Air Jordan 1 Perfect Pair. Jadi di dalam solenya itu ada gambar bunga yang melambangkan kesempurnaan," kata Priast.

Air Jordan 1 x Off-White

Selanjutnya ada Air Jordan 1 x Off-White yang ia beli langsung di Nike Lab seharga Rp30 juta. Sekarang, harga sepatu ini sudah menyentuh Rp89 juta.

"Gue sempat kaget karena menjelang rilis, harganya pernah turun sampai Rp 12 juta. Tapi sekarang tiba-tiba harganya naik lagi sampai Rp 89jt," ungkap Priast.

Air Jordan

Air Jordan 1 Banned 2011

Saat masih duduk di bangku SD, Priast mengaku hobi bermain basket namun tidak memiliki sepatu yang layak untuk digunakan. Beruntung bagi Priast, salah satu temannya pada saat itu meminjamkan sepatu berwarna hitam merah.

Air Jordan

"Gue enggak tau dulu kalau itu Air Jordan. Terus 2011 lalu, gue di tawarin Air Jordan Banned. Begitu gue dapet sepatu ini, gue langsung bilang ke penjualnya, 'bro ini sepatu yang gue pakai waktu SD, beda tapi bahannya sama. Harganya Rp20 jutaan," jelas Priast.

Air Jordan 1 Game Royal

Namun, dari sekian banyak sepatu yang ia koleksi, ada satu model yang menyimpan kenangan spesial bagi Priast. Sepatu itu adalah Air Jordan 1 Game Royal.

"Game Royal waktu rilis gue enggak bisa dateng. Jadi minta tolong temen untuk cariin size gue, karena pada saat itu gue lagi jaga bokap gue di rumah sakit," terang Priast.

"Pas gue pulang dari rumah sakit, gue cek di meja udah ada itu game royal. Tapi besok paginya gue dipanggil sama dokter bokap gue kritis dan akhirnya meninggal. Begitu gue taliin sepatu ini, gue selalu inget gue dapetinnya bertepatan dengan momen bokap gue meninggal," tukasnya.

Air Jordan

Di penghujung video, Robert berhasil mengkalkulasikan total aset Priast dari 150 koleksi Air Jordan 1 yang dimilikinya. Asetnya ternyata menyentuh angka Rp 1.033.878.000 (1 Miliar lebih).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini