nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Telur Spiderman, Chef Arnold Poernomo Beri Penjelasan Ilmiahnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 09:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 05 481 2138180 heboh-telur-spiderman-chef-arnold-poernomo-beri-penjelasan-ilmiahnya-uqDr622in5.jpg Chef Arnold. (Foto: Okezone)

SEPERTI Tom and Jerry, hubungan Chef Arnold Poernomo dengan netizen memang tidak pernah akur. Selalu saja ada masalah yang membuat juri MasterChef Indonesia itu emosi sampai 'ngegas' di media sosial.

Contohnya adalah kasus 'jaring Spiderman' yang belum lama ini ramai diperbingkan para netizen. Kejadian bermula dari unggahan akun @FOODFESS2 yang membagikan secara otomatis foto dari seorang netizen.

Di dalam foto itu, netizen merasa kebingungan melihat penampakan telur puyuh yang sedang direbusnya, tiba-tiba mengeluarkan benda putih yang menyerupai jaring laba-laba.

Melihat unggahan tersebut, Chef Arnold Poernomo tak bisa menahan diri untuk turut mengomentarinya.

"Wkwkwkwwkkwwkkw ndognya Spiderman," tulis Arnold singkat.

Cuitan Arnold sontak mengundang gelak tawa para netizen. Mereka tidak menyangka bahwa sosok Arnold yang dikenal sering ngegas di twitter, tiba-tiba menuliskan sebuah jokes receh tentang telur puyuh.

"aku lagi pakek masker pecah gara-gara Chef Arnold," tulis akun @gadiseptemberr.

"Abis mewek liat ginian tetep ngakak," tulis akun @__irrum.

"Tumben syef ga julid kayak biasanya," tulis akun @Hallabodo.

Namun, tak beberapa lama kemudian, Chef Arnold kembali mengutip unggahan tersebut, lalu memberikan penjelasan ilmiah tentang alasan yang memicu terjadinya 'ndog Spiderman' saat seseorang sedang merebus telur puyuh.

Menurut penjelasan Arnold, reaksi atau fenomena itu terjadi karena retaknya cangkang telur saat proses perebusan berlangsung.

"Ok penjelasan yang berfaedah. Ini ada telur yang cangkangnya retak saat dimasukkan, jadi putih telur merembes ke air dan di saat mendidih proteinnya menjadi solid. Air berkurang otomatis meninggalkan bercak strains dari protein seperti spider web.

I am ndog master," jelas Arnold.

Memang bukan tanpa alasan bila Arnold mengklaim dirinya sebagai ahli telur. Saat ditemui Okezone beberapa waktu lalu, Bapak satu anak itu sempat mengutarakan alasannya rutin membuat konten memasak berbahan dasar telur.

Mulai dari teknik merebus telur yang disesuaikan dengan tingkat kematangannya, hingga tips membuat saus holandaise khas Prancis.

"Saya membuat akun YouTube itu ingin mengajarkan hal-hal yang basic kepada masyarakat Indonesia. Nah, salah satu yang basic dan fundamental dalam memasak itu adalah telur," terang Arnold.

Lebih lanjut dia menjelaskan, telur merupakan bahan makanan yang paling sering digunakan untuk membuat masakan, kue, saus, hingga minuman. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui teknik yang tepat untuk mengolah telur.

Padahal, bila telur diolah dengan benar, bahan makanan ini bisa mendatangkan banyak manfaat, baik dari segi gizi dan kegunaannya.

"Terakhir saya bikin tutorial saus hollandaise yang gampang dan enak. Pokoknya perlahan akan saya kembangkan ke tingkat yang lebih advance. Jadi buruan subscribe channel YouTube saya karena belakangan slow banget," pungkas Arnold diiringi gelak tawa.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini