nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Idap Penyakit Langka, Remaja 15 Tahun Ini Berwajah Mirip Nenek-Nenek

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 16:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 05 481 2138366 idap-penyakit-langka-remaja-15-tahun-ini-berwajah-mirip-nenek-nenek-yZ5Jd8WfUt.jpg Remaja di China idap penyakit langka (Foto : Mirror)

Masa remaja kerap disebut-sebut sebagai salah satu masa yang paling indah dalam hidup seseorang. Tapi, bagaimana bila harus mengidap penyakit langka?

Seorang remaja putri asal Heishen, China, bernama Xiao Feng harus menerima kenyataan dirinya mengidap penyakit langka. Remaja berusia 15 tahun itu memiliki paras seperti nenek-nenek.

Karena kulit dan wajah Xiao Feng sudah kendur dan keriput di usianya yang masih belia. Hal ini karena Xiao Feng mengidap penyakit langka yang disebut sindrom Hutchinson Gilford Progeria.

Sindrom ini membuat wajah Xiao Feng menua dengan sangat cepat, sehingga membuat tampilan Xiao Feng seperti nenek berusia 60 tahun. Sayangnya, kondisi langka seperti pada Xiao Feng merupakan penyakit genetik yang tidak bisa dihentikan.

sindrom

Hal itu membuat Xiao Feng memutuskan untuk berhenti sekolah. Dia hanya berdiam diri di rumah bersama orangtuanya. Xiao Feng tidak tahan menerima ejekan dari teman-temannya di sekolah yang mengejek sebagai orang aneh.

“Aku terlihat sangat berbeda dari teman-temanku. Aku berhenti pergi ke sekolah dan juga berhenti keluar rumah. Aku juga tidak punya banyak teman di sekolah. Ketika duduk bersama, aku malah terlihat seperti nenek mereka, ” ungkap Xiao Feng, seperti dikutip Mirror, Kamis (5/12/2019).

Tidak hanya di sekolah, saat berjalan di luar rumah Xiao Feng mengaku sering dipanggil bibi karena penampilannya yang terlihat tua. Dulu Xiao Feng menuturkan tidak mengerti akan konsep apa yang disebut cantik dan jelek. Namun seiring bertambah dewasa, ia mulai semakin memperhatikan penampilannya.

“Semakin bertambah usia aku mulai lebih perhatian soal penampilan, dan juga bagaimana orang lain melihat diriku. Aku tidak pernah berfoto dan aku juga berhenti tersenyum,” imbuhnya.

sindrom

Sementara itu, ayah Xiao Feng menjelaskan bahwa kondisi langka yang diderita sang anak terjadi karena menurun dari sang ibu. Ya, Ibunda Xiao Feng juga menderita sindrom Hutchinson Gilford Progeria.

“Kami tidak membawa Xiao Feng untuk menjalani tes pemeriksaan, ibunya juga punya kondisi yang sama. Kami tahu putri kami mewarisi ini, kami bukan orang berpendidikan jadi kami tidak mengetahui apa-apa tentang penyakit genetik. Setelah ia lahir, sudah terlambat untuk menyesal,” ungkap ayah Xiao Feng yang tidak disebutkan namanya.

Kasus yang menimpa Xiao Feng ini akhirnya viral, setelah memutuskan untuk menulis surat kepada Guo Mingyi, seorang filantropis yang berbunyi, “ Aku ingin hidup dengan normal”.

Usaha Xiao Feng tak sia-sia, Guo mengumumkan kepada publik bahwa ia akan menggalang dana untuk biaya operasi plastik Xiao Feng.

sindrom

Biaya tindak operasi plastik Xiao Feng sendiri diperkirakan akan mencapai 55.000 Poundsterling atau setara Rp1miliar. Tindakan operasi plastik untuk memperbaiki wajah Xiao Feng akan dilakukan secara berkala.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini