nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Medsos, Banyak Ibu Milenial Galau Masalah Finansial

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 21:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 05 612 2138497 gara-gara-medsos-banyak-ibu-milenial-galau-masalah-finansial-2vv2vpuvZH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASALAH keuangan tentu saja banyak mengganggu kondisi rumah tangga seseorang. Jika tidak pandai mengatur pengeluaran dan pemasukan, bukan tidak mungkin arus kas Anda malah besar pengeluaran daripada pemasukan.

Masalah finansial ini memang bisa membuat galau seseorang, terlebih lagi bagi para generasi milenial yang telah menjadi orangtua. Terutama kaum ibu, yang kerap menjadi “menteri keuangan” dalam rumah tangga.

Diungkapkan oleh Prita Ghozie selaku perencana keuangan profesional, masalah finansial menjadi pemicu kecemasan banyak ibu milenial. Menurutnya, ada spektrum yang cukup panjang di rentang usia generasi milenial serta peran dari linimasa sosial media.

ada spektrum yang cukup panjang di rentang usia generasi milenial serta peran dari linimasa sosial media.

Pasalnya, generasi milenial adalah mereka yang berusia mulai dari 25 hingga 39 tahun. Dengan rentang umur yang cukup lebar ini, maka ada penghasilan yang berbeda antara satu dengan yang lain.

"Sedangkan sosial media enggak kenal usia. Ibu-ibu usia 25 membandingkan diri dengan ibu-ibu 39 tahun, akhirnya stres finansial. Padahal ritme hidup dan sumber dayanya beda, yang kita lihat kan cuma tampiln di sosial media,” papar Prita saat ditemui Okezone, Kamis (5/12/2019) di bilangan Sudirman, Jakarta.

Tak jarang, kondisi ini lah yang menjadi cikal bakal terjadinya kondisi lebih besar pasak daripada tiang. Padahal, saat sudah mempunyai anak, kebutuhan hidup pun bertambah banyak dan besar.

Oleh karena itu, sebagai orangtua dan ibu, Prita pun meminta para perempuan bisa memilah, mana yang seharusnya menjadi prioritas, dan mana yang tidak.

Padahal, saat sudah mempunyai anak, kebutuhan hidup pun bertambah banyak dan besar.

“Ibu milenial memiliki kebingungan bagaimana mengatur keuangan untuk kebutuhan dan pendidikan si kecil, sekaligus bisa menabung di waktu yang bersamaan. Padahal mereka cenderung mengeluarkan uang demi d tren," kata dia.

"Pengeluaran tanpa perencanaan dan lebih mengutamakan keinginan dibanding kebutuhan. Kerap membandingkan diri dengan yang dilihat di sosial media, akhirnya sesuatu ada karena ingin bukan butuh. Jadi punya checklist yang enggak normal,” tutup Prita.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini