nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Ruang Belajar Online Lebih Diminati Pekerja dan Pebisnis Indonesia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 17:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 06 196 2138807 alasan-ruang-belajar-online-lebih-diminati-pekerja-dan-pebisnis-indonesia-QlLZ4JsV0M.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Padatnya rutinitas kantor membuat seseorang tidak lagi memiliki cukup waktu untuk mengenyam pendidikan. Meski sudah memiliki pekerjaan, namun pendidikan masih menjadi hal penting bagi seseorang.

Alhasil banyak cara yang ditempuh oleh seseorang untuk mendapatkan pendidikan, salah satunya adalah melalui situs belajar online. Pada era modernisasi semacam ini, tak bisa dipungkiri kehidupan seseorang tidak lepas dari penggunaan gadget.

Banyak informasi maupun kabar terbaru diperoleh dengan cepat melalui koneksi internet pada smartphone. Kecanggihan ini yang dimanfaatkan para pekerja maupun pebisnis yang tidak memiliki waktu luang untuk belajar khususnya dalam hal berbahasa.

Belajar Online

Hal ini dibenarkan oleh Public Relation Cakap.com, Rismanto Pamungkas Salim. Menurutnya antusiasme masyarakat untuk menggunakan aplikasi digital untuk belajar secara online cukup diminati oleh masyarakat di kota-kota besar. Meskipun mereka telah memiliki pekerjaan yang tetap namun, keinginan untuk belajar dan memperluas pengetahuan masih sangatlah besar.

“Antusiasme masyarakat Indonesia banyak sekali, namun kami belum bisa menyebutkan persentasenya. Awal kami mendirikan platform ini targetnya mungkin para pelajar yang ingin berbahasa. Namun seiring berjalannya waktu, platform ini justru lebih banyak digunakan oleh para pekerja atau pebisnis di usia dewasa,” ucapnya saat ditemui Okezone dalam acara Tantangan #BelajarBareng, di Plaza Thamrin, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Lebih lanjut Rismanto mengatakan bahwa saat ini masih banyak pekerja atau pebisnis yang masih terkendala perihal bahasa. Oleh sebab itu ruang belajar berbasis online mengenai aneka bahasa masih menjadi pilihan tepat bagi banyak orang, terutama bagi para eksekutif dengan jadwal dan mobilitas yang sangat padat.

Belajar Online

“Biasanya mereka menggunakan ruang belajar secara online supaya bisa berkomunikasi dengan kliennya yang berasal dari luar negeri. Kebetulan kalau di kami ada empat bahasa yang bisa dipelajari yakni Indonesia, Jepang, Mandarin, Inggris. Tugas kami hanyalah menyediakan platform yang menyambungkan mereka dengan para tenaga pengajar langsung dari luar negeri melalui video call. Namun khusus bahasa Indonesia biasanya kerap digunakan oleh para ekspatriat,” jelasnya.

Sekadar informasi, industri online semakin luas cakupanya. Mereka berlomba-lomba untuk menyebarkan edukasi-edukasi kepada masyarakat melalui cara-cara yang unik.

Salah satunya adalah platform video singkat, TikTok yang menyebarkan edukasi berupa aneka tips kesehatan dan beraneka ragam pengetahuan seputar kehidupan sehari-hari melalui program #BelajarBareng.

Belajar Online

Platform ini telah berkembang dari sekadar hiburan menjadi konten edukasi bagi masyarakat luas. Mereka pun mengajak para creator untuk berbagi ilmu dan keahlian lewat video yang bisa mereka bagikan.

Beberapa instansi besar seperti Kemenpar, Kominfo, LIPI dan beberapa museum telah berkolaborasi menjadi konten creator bagi platform tersebut untuk menyebarkan edukasi terhadap masyarakat luas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini