nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Gampang Percaya, Ini 6 Cara Tahu Dia Sedang Berbohong

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 07 Desember 2019 04:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 06 196 2138975 jangan-gampang-percaya-ini-6-cara-tahu-dia-sedang-berbohong-8pKbHyFMrM.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Semua orang pasti tidak suka dibohongi. Tapi ada kalanya, kita tidak bisa mengetahui dengan jelas, apakah orang yang sedang berurusan dengan kita sedang berbohong atau memang berkata jujur.

Nah agar tidak jadi korban kebohongan, sebetulnya ada loh cara untuk mendeteksi seseorang sedang berbohong. Diungkapkan oleh mantan agen CIA, Philip Houston, Michael Floyd, dan Susan Carnicero. Mengutip Parade, yuk baca paparan singkat enam cara mengetahui tanda seseorang sedang berbohong di bawah ini.

1. Perhatikan tempo

Perhatikan tempo menjawab orang tersebut, perhatikan saat dia memberikan jawaban, apakah ada jeda atau tidak. Dengan catatan, pertanyaan yang dilontarkan kepadanya juga mendetail. Jika jeda terlalu lama atau terlalu banyak saat menjawab, Anda patut waspada.

Pasangan Kencan

2. Verbal dan Non-Verbal yang tidak sinkron

Tidak sinkron di sini maksudnya adalah jawaban yang dilontarkan adalah “iya”, namun refleks tubuhnya, misalnya kepala orang tersebut malah menggeleng. Ini bisa jadi salah satu indikator seseorang sedang berbohong loh! Sebab sejatinya, antara verbal dan non-verbal haruslah sinkron.

3. Menutup mulut atau menutup mata

Orang yang sedang berbohong disebutkan akan sering melakukan gerakan seperti menutup mulut atau matanya ketika merespon sebuah pertanyaan atau pernyataan. Kedua gerakan ini disebutkan sebagai insting alami untuk melindungi diri terhadap orang yang sedang dibohongi.

4. Berdehem atau menelan ludah

pasutri

Tanda keempat yang bisa dilihat adalah ketika sedang berbicara. Tepatnya ketika sebelum menjawab pertanyaan, maka sejatinya kita perlu waspada karena ini merupakan satu tanda jelas, bahwa ada beberapa hal yang telah terjadi sebelumnya. Gestur berdeham atau menelan ludah secara psikologi merupakan tanda kecemasan yang bisa membuat tenggorokan atau mulut jadi kering dan tidak nyaman.

5. Banyak gerakan dari tangan hingga wajah

Gerakan hingga wajah, seperti menggigit dan menarik bibir, menggosok-gosok tangan, hingga memegang telinga bisa menjadi tanda kecemasan sedang menyembunyikan sesuatu. Biasanya saat melakukan gestur ini orang tersebut tidak menyadarinya.

6. Grooming

Pria Bohong

Tanda berbohong lainnya ialah, saat merespon pertanyaan orang tersebut malah sibuk melakukan gestur grooming. Sibuk membetulkan dasi, membetulkan letak kacamata, meluruskan rok atau pakaiannya, memegang rambut ke belakang telinga. Bisa juga malah langsung mengeluarkan saputangan atau tisu untuk menyela keringat di dahi. Nah, gestur ini patut jadi tanda-tanda mencurigakan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini