11 Makanan Enak yang Bisa Bikin Kamu Happy

Tiara Syifa, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 06 298 2138840 11-makanan-enak-yang-bisa-bikin-kamu-happy-6ymxUdLYTJ.jpg 11 Makanan enak yang bikin happy (Foto: Thehealthy)

BUKAN suatu hal yang baru kalau saat sedih kita akan mencari makanan enak untuk menjadi pelariannya. Terkadang kita akan memakan apa saja demi membuat suasana hati kembali happy.

Namun, bukankah mengonsumsi makanan enak dan sehat sekaligus bisa membuat Anda bahagia adalah hal yang baik? Melansir Doyouyoga, terdapat penelitian baru yang menunjukkan sejumlah makanan dapat bekerja baik untuk otak serta bisa membuat Anda merasa lebih bahagia dan rileks.

Rupanya makanan tersebut memiliki efek yang serupa pada tubuh, seperti mengonsumsi anti-depresan, anti-kecemasan, dan relaksasi. Berikut makanan yang bisa Anda konsumsi agar dapat tetap tenang, menambah energi, dan meningkatkan daya ingat serta bikin kamu happy:

1. Alpukat

 Alpukat

Siapa yang tidak kenal alpukat? Alpukat mengandung tryptophan, asam amino penting yang digunakan oleh otak untuk menghasilkan serotonin. Alpukat juga bermanfaat untuk kulit, rambut, dan kuku.

2. Beri-berian

 Berry

Berbagai macam beri-berian, seperti blueberry, raspberry, dan strawberry juga termasuk ke salah satu makanan yang bisa membuat Anda bahagia. Ketiga buah tersebut memiliki kandungan antosianidin dan antosianin yang dapat membantu mengurangi depresi dan stress.

3. Ayam

 Chicken wing

Rasanya bukan hal yang sulit untuk dapat menemukan ayam. Tahukah Anda kandungan yang dimiliki ayam? Ayam mengandung vitamin B12 yang dapat membantu menenangkan tubuh.

4. Chicken Noodle Soup

 Makanan enak

Makanan ini dikenal dapat menyembuhkan Anda dari penyakit apa pun. Kuahnya yang mengandung protein dan serat ini dapat meningkatkan suasana hati dan energi Anda. Ini mengapa chicken noodle soup biasa diberikan untuk penderita flu.

5. Dark Chocolate

 dark chocolate

Sudah bukan rahasia lagi kalau dark chocolate dapat membuat bahagia. Kandungan yang dimilikinya –phenylethylamine (PEA)– sama seperti zat kimia yang dihasilkan otak saat Anda merasakan jatuh cinta. Selain itu, dark chocolate yang tinggi magnesium ini juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan menenangkan otot Anda.

6. Greek Yogurt

 YOgurt

Tidak asing lagi kalau greek yogurt dapat membantu menjaga pencernaan. Hal tersebut karena kandungan yang dimilikinya. Selain itu, greek yogurt juga kaya akan probiotik yang dapat meningkatkan suasana hati dan sistem kekebalan tubuh.

7. Teh Hijau

 Teh hijau

Memang, saat ini teh hijau sedang banyak dicari dengan berbagai alasan manfaatnya. Teh hijau yang kaya akan theanine ini dikenal dapat membantu mengurangi stress dan kecemasan serta meningkatkan suasana hati.

8. Salmon

 Salmon

Siapa yang tidak pernah mendengar jenis ikan ini? Tingginya kandungan Omega3, ikan ini bisa membantu menstabilkan suasana hati, mengurangi depresi, dan meningkatkan daya ingat serta fokus, lho!

9. Bayam

 Bayam

Salah satu jenis sayuran yang mungkin sering dikonsumsi ini ternyata dapat membuat bahagia juga. Kandungan asam folat yang tinggi pada bayam diketahui dapat meningkatkan suasana hati. Jangan lupa untuk makan sayuran ini ya!

10. Tomat

 Salad

Antioksidan yang ditemukan dalam tomat –Likopen– rupanya dapat melawan peradangan di otak karena sifatnya yang dapat larut dalam lemak. Mengonsumsi tomat dengan minyak zaitun dapat membantu tubuh menyerap likopen.

11. Kenari

Kacang kenari rupanya dianggap sebagai makanan ideal untuk meningkatkan suasana hati. Kandungan vitamin B yang dimilik kacang kenari ini dapat menjaga keseimbangan suasana hati, melawan kelelahan, kegelisahan, stress, menjaga tensi, dan dapat membuat tenang. Selain itu, kacang kenari mengandung Omega3 yang dapat membantu otak untuk berfungsi dengan baik dan mencegah depresi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini