nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Bertemu Orangutan? Ini 5 Tips Jelajah Hutan di Kalimantan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 06 406 2138699 mau-bertemu-orangutan-ini-5-tips-jelajah-hutan-di-kalimantan-7z4dLKUtH8.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MAIN ke ibu kota negara di Kalimantan enggak afdol kalau enggak menengok habitatnya orangutan. Di Balikpapan misalnya, ada objek wisata Samboja Lestari yang patut dikunjungi.

Samboja Lestari menjadi "sekolah" orangutan dan beruang liar yang sempat keluar dari habitatnya di hutan. Mereka dilatih sekira 7 tahun oleh Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation, kemudian dilepasliarkan di Hutan Kehje Sewen.

Namun sebelum traveler ingin berjumpa dengan orangutan dan beruang madu, ada do and dont's yang patut Anda ikuti ya. Jangan sampai terlewat agar liburan pun nyaman!

Deputi Director Dr Aldrianto Priadjati Restorasi Habitat Orangutan Indonesia, memberikan beberapa tips yang bisa Anda simak sebelum menyusuri hutan Kalimantan, khususnya di Semboja Lestari. Apa saja ya?

Ada baiknya Anda buat perjanjian sebelum mengeksplorasi lebih jauh area hutannya.

Buat janji dulu dengan BOS

Karena bukan fokus dengan objek wisata yang fun saja, Samboja Lestari banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menimba banyak pengetahuan. BOS memang memfokuskan kawasan ini sebagai objek wisata pendidikan. Ada baiknya Anda buat perjanjian sebelum mengeksplorasi lebih jauh area hutannya.

"Kalau buat janju, siapapun yang datang pasti kita bisa dampingi dengan baik. Banyak penginjung datang ke sini dengan berbagai tujuan, makanya butuh janjian," kata Aldrianto.

Pakai pakaian nyaman dan warna tidak mencolok

Sangat diharapkan kepada wisatawan yang ingin berjumpa dengan orangutan, hindari menggunakan pakaian dengan warna mencolok.

Khawatirnya mengganggu proses melatih perilaku demi mengubah sifat aslinya. Pakai baju dan sepatu yang nyaman karena medannya terjal, cuacanya panas, jadi bikin berkeringat!

Pakai baju dan sepatu yang nyaman karena medannya terjal, cuacanya panas, jadi bikin berkeringat!

Tidak merokok

Kalau liburan ke hutan, hindari merokok ya, Okezoners! Kalau terjadi kebakaran akibat puntung rokok, api tidak bisa dicegah. Selain bahaya kebakaran, banyak orangutan yang meniru aktivitas manusia. Sebabnya, orangutan yang datang ke sini dulu bekas peliharaan manusia, bisa-bisa mereka ikut merokok, karena bisa meniru.

Ikuti instruksi tour guide

Ada gunanya saat Anda didampingi saat berkunjung ke Samboja Lestari. Ikuti semua instruksi yang disampaikan oleh tour guide. Saat jalan-jalan di Pulau Orangutan, hindari mengambil gambar dengan flash, tidak ribut, tidak mendekat, tidak memberi makan sembarang, sampai tidak membuang sampah sembarangan!

Tidak ada batasan usia ya!

"Kami tidak batasi usia saat datang ke sini. Tempatnya cocok untuk wisata keluarga di ibu kota negara baru," tambah Aldrianto.

Adapun waktu operasional di sini sepanjang 24 jam. Karena ada kamar di atas bangunan kayu sebagai titik kumpul dan bisa bermalam, sambil merasakan sensasi alam khas Borneo yang eksotis.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini