nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Rumah Kuman dan Debu, Ini 5 Cara Praktis Bersihkan Kasur

Nada Husna, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 22:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 06 481 2138991 jadi-rumah-kuman-dan-debu-ini-5-cara-praktis-bersihkan-kasur-3xnJVDJOBZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KASUR menjadi salah satu alat yang paling penting bagi kita. Pasalnya, sepertiga hidup dihabiskan di atas kasur untuk tidur dan sekadar melakukan aktivitas lainnya.

Artinya, kita akan berhadapan dengan partikel jahat yang biasanya hinggap di kasur. Untuk itu, kita harus mengetahui bagaimana membuat kasur bersih secara menyeluruh sehingga partikel jahat pada kasur hilang dengan sempurna.

Tapi tahukah kamu bahwa kasur adalah rumah bagi keringat, kuman, sel kulit mati, minyak berlebih, noda, dan tungau debu, itulah yang disebut partikel jahat.

Oleh sebab itu, kamu perlu tahu cara membersihkan kasur dengan rajin dari waktu ke waktu. Kamu harus membersihkan bantal dan kasur sedikitnya dua kali dalam setahun. Namun, jika kamu benar-benar tidak bisa melakukannya paling tidak setahun sekali.

 Namun, jika kamu benar-benar tidak bisa melakukannya paling tidak setahun sekali.

Dilansir dari Theasianparent, Berikut adalah 5 langkah mudah yang menunjukkan kepada kamu cara membersihkan kasur sehingga bersih dan bebas bau.


Sedot Debu

Setelah kamu melepaskan semua selimut dan pelindung kasur ke mesin cuci dan di luar rumah cuaca cerah, letakkan bantal kamu di bawah sinar matahari sebentar. Selanjutnya, kamu harus menyingkirkan semua debu, rambut, dan kotoran lainnya yang menumpuk di kasur kamu.

Gunakanlah penyedot debu khusus untuk kasur yang dilengkapi dengan pemukul bawaan dan lampu UV. Jika kamu tidak memiliki penyedot debu khusus untuk kasur, menggunakan penyedot debu biasa pun bisa asalkan pengisapannya sangat kuat. Pastikan untuk meletakkan nosel pemasangan dengan kuat di atas kasur agar dapat mengangkat semua kotoran dengan lebih efektif.

Bersihkan dari Noda

Berikut adalah beberapa metode pembersihan noda yang dapat kamu coba:

Campurkan 2 sendok makan baking soda, 1 sendok teh sabun cuci piring, dan 1 gelas hidrogen peroksida 3% ke dalam botol semprot. Gunakan larutan ini pada noda sesegera mungkin karena hidrogen peroksida rusak sangat cepat. Semprotkan dan bersihkan dengan kain bersih dan buang larutan yang tersisa kalau tidak digunakan lagi.

Sebagai alternatif, kamu juga dapat menggunakan pembersih enzim alami yang tidak beracun yang secara kimia dapat memecah noda dan bau atau kamu juga bisa membuat pasta dari jus lemon dan garam. Oleskan ke noda dan biarkan selama 30-60 menit. Bersihkan semuanya dengan handuk bersih.

Oleskan ke noda dan biarkan selama 30-60 menit. Bersihkan semuanya dengan handuk bersih.

Menghilangkan Bau Keringat dan Lembap

Keringat dan lembap dapat membuat kasur kamu sedikit berbau. Untuk menghilangkan bau 'basah' itu, taburkan sedikit soda kue ke seluruh permukaan tempat tidur kamu dan biarkan beberapa jam.

Kamu juga bisa menyemprotkan larutan cuka dan air encer terlebih dahulu sebelum menyebarkan soda kue. Soda tidak hanya akan menghilangkan semua bau tak sedap itu, tetapi juga akan menyerap kelembapan atau cairan berlebih. Hasilnya, kasur kamu akan wangi dan tempat lembap itu disedot oleh soda kue.

Taruh di bawah cahaya sinar

Namun, cara terbaik untuk membersihkan kasur kamu adalah dengan menggunakan sinar matahari dan udara segar. Tapi, jika ukuran kasur kamu Queen atau bahkan King, sangat tidak efisien untuk menjemur kasur tersebut.

Jadi, yang bisa dilakukan adalah buka jendela, dan biarkan udara segar mengalir melalui kamar tidur. Jangan meremehkan udara segar dan sinar matahari ke kasur kamu, meski itu bukan sinar matahari langsung.

Tutup dan lindungi

Langkah terakhir yang tak kalah penting. Selalu lindungi kasur kamu dengan pelindung kasur dan seprai. Ini akan menjaga kasur kamu agar kebersihannya tahan lebih lama dan juga melindunginya dari noda. Selamat mencoba!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini