nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ramai Diperbincangkan Jadi Barang Selundupan, Ini Klasifikasi Sepeda Brompton

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 19:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 06 612 2138901 ramai-diperbincangkan-jadi-barang-selundupan-ini-klasifikasi-sepeda-brompton-3Oyw6XAJv7.jpg Sepeda Brampton (Foto : JV Bike)

Penyelendupan suku cadang motor dan sepeda lipat yang dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara menjadi sorotan publik. Perkara itu membuat jabatannya dicopot oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Namun perhatian masyarakat tak hanya sebatas itu. Banyak pula yang membicarakan tentang barang selundupannya yakni sepeda Brompton.

Sepeda Brompton merupakan merupakan merek sepeda ternama yang desainnya keren. Bahkan sepeda lipat dari merek ini masuk kategori termahal di dunia. Melansir Cycle Surgery, Jumat (6/12/2019), standar emas yang ditetapkan untuk sepeda membuat pengendaranya merasa nyaman.

Kelebihan lain sepeda ini adalah dapat dilipat dalam waktu kurang dari 20 detik. Selain itu, varian warna yang banyak dan desain yang memikat, membuat pencinta sepeda jatuh hati. Terlebih, pemilik sepeda Brompton dapat mengatur konfigurasi setang, persneling, ketinggian sadel, dan suspensi sesuai dengan keinginan.

sepeda lipat

(Foto : JV Bike)

Ada 3 tipe setang pada sepeda ini yakni S, M, H. Tipe S memiliki ketinggian grip yang lebih rendah yaitu 935mm dan desain flat-bar. Setang tipe ini cocok untuk pesepeda yang menyukai posisi berkendara sporty, mirip dengan sepeda konvensional. Setang Tipe M merupakan ciri khas sepeda Brompton. Setang ini menawarkan posisi berkendara yang nyaman dan tegak dengan banyak ruang di bagian depan sebagai bagasi. Setang tipe H hampir mirip dengan tipe M tetapi ketinggiannya berbeda

Selanjutnya sepeda Brompton menawarkan empat pilihan gearing yang dapat disesuaikan dengan medan yang dilalui. Rangka sepeda juga terbuat dari baja hingga kekakuan dan kekuatannya maksimum.

sepeda lipat

(Foto : Compton Cyles)

Kemudian untuk ketinggian sadle bisa diatur hingga mencapai 90 cm. Suspensi pada sepeda lipat ini menggunakan blok poliuretan antara kerangka utama dan belakang sehingga meredam guncangan di jalan tanpa. Untuk beban, sepeda ini bisa menahan hingga 80 kg.

Harga sepeda Brompton cukup bervariasi, tergantung dari pilihan jenis dan warna. Selain itu, apabila pembeli custom sepedanya sendiri, tentu harganya menjadi lebih mahal.

sepeda lipat

(Foto : Shoplightspeed)

Berdasarkan informasi yang Okezone himpun, harga terendahnya adalah £1.000 atau setara dengan Rp18,1 juta untuk tipe M3L 2018. Kemudian harga termahalnya bisa mencapai Rp50 jutaan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini