nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengobatan Alternatif, Ini 7 Bahan Alami untuk Sembuhkan Asam Urat

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 07 Desember 2019 19:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 07 481 2139209 pengobatan-alternatif-ini-7-cara-tradisional-menyembuhkan-asam-urat-uQTij0ZdMt.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

ASAM urat bisa dibilang menjadi penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia, khususnya bagi para lanjut usia (lansia). Pada umumnya penderita penyakit ini akan mengonsumsi obat kimia untuk menurunkan kadar penyakitnya. Namun sebenarnya ada pengobatan alternatif atau cara tradisional yang jauh lebih aman karena mengandalkan bahan-bahan alami.

Seperti diketahui asam urat adalah bentuk dari penyakit osteoarthritis yang menyerang persendian. Kadar purin (zat kimia yang diproduksi dalam tubuh) yang tinggi menyebabkan seseorang akan tiba-tiba merasa sakit pada persendian, bengkak atau bahkan berwarna kemerahan. Meski terlihat sepele namun penyakit ini bisa berubah menjadi kronis apabila tidak segera diobati.

Cara paling umum untuk menyembuhkan asam urat adalah menjaga pola makan dengan menghindari aneka makanan yang mengandung purin. Beberapa contoh yang mengandung zat ini adalah daging merah, kacang-kacangan, dan beberapa sayuran seperti bayam, kangkung, buncis, kembang kol, dan biji melinjo yang kerap dibuat emping.

Selain menghindari makanan tinggi purin, asam urat juga bisa diturunkan dengan cara tradisional berupa mengonsumsi obat alami yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, atau tumbuhan lain. Namun Anda dituntut untuk rutin mengonsumsinya dan membutuhkan sedikit kesabaran karena reaksinya lebih lama dibandingkan obat kimia.

 

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Lalu bahan saja yang bisa dibuat sebagai obat tradisional untuk asam urat? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Jus Mentimun

 

Mengonsumsi timun mentah adalah resep terbaik untuk meghilangkan kristal asam urat. Mungkin dengan dimakan langsung rasanya tidak begitu enak, tapi Anda bisa mencampurnya dengan bahan-bahan alami lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih sedap. Campuran jus timun dan lemon adalah pilihan yang terbaik.

2.Air Putih

Konsumsi air putih dengan cukup adalah hal yang paling mudah untuk menurunkan asam urat. Konsumsi delapan gelas air putih setiap hari bisa membantu menghilangkan kristal asam urat dari tubuh.

3.Cuka Apel

Cuka apel terkenal karena fungsinya untuk membersihkan kotoran dalam tubuh. Asam malat dari cuka ini dapat menghilangkan asam urat, sementara sifat anti-inflamasi dan antioksidannya dapat memberikan keseimbangan asam basa pada tubuh.

4.Jahe

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga efektif untuk menyembuhkan asam urat. Sifat anti-inflamasi dari jahe mampu mengurai kristal asam urat dalam tubuh. Cara mengonsumsinya adalah dengan menambahkan jahe pada menu makanan diet Anda.

5.Seledri

Kandungan vitamin K dan molibrenum yang tinggi di dalam seledri mampu menyingkirkan asam urat. Selain itu, kandungan kalium, mangan, serat makanan dan folat juga bermanfaat bagi tubuh. Tak aneh apabila perusahaan obat ternama di Indonesia juga membuat jamu herbal asam urat menggunakan minyak seledri.

6.Jus Ceri

Mungkin agak sedikit sulit untuk menemukan ceri segar di Indonesia. Namun jika Anda dapat maka itu cukup beruntung, sebab khasiat dari mengonsumsi jus ceri bisa menurunkan kristal asam urat dengan cepat. Minuman ini juga bisa membantu menangani pasien yang menderita nyeri sendi dan arthritis.

7.Minyak Zaitun

Kandungan lemak sehat tak jenuh, antioksidan serta vitamin E dipercaya bisa menurunkan asam urat dalam tubuh. Sama seperti beberapa bahan makanan yang disebutkan sebelumnya, sifat anti-inflamasi sangat berguna bagi tubuh manusia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini