nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menikmati Jembatan Langit di Bukit Bangkirai, View-nya Bikin Gak Mau Pulang

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 08 Desember 2019 15:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 08 406 2139352 menikmati-jembatan-langit-di-bukit-bangkirai-view-nya-bikin-gak-mau-pulang-alukOxgEE5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INDONESIA memang memiliki banyak sekali objek wisata di berbagai daerah, mulai dari gunung, pantai atau bahkan bawah laut. Nah, jika kalian suka berlibur menjelajah hutan, Balikpapan bisa masuk dalam list nih.

Di Balikpapan kita bisa menjelajahi hutan yang indah dengan nuansa panorama berbeda. Salah satunya Wisata Bukit Bangkirai, pastinya orang Kalimantan Timur sudah mengenal objek wisata ini. Banyak kalangan senang berwisata kesini, khususnya milenial.

Ikoniknya di sini adalah spot canopy bridge dengan jembatan gantung ekstrem. Siapapun yang datang, jangan sampai menyesal deh karena tak merasakan sensasi naik pohon bangkirai yang tinggi.

Pastinya dari rasa lelah karena treking sekira 10 menit dan harus naik tangga di atas ketinggian, terbayar dengan pemandangan hutan yang elok. Lokasinya juga Instagramable, karena Anda bisa menantang nyali, walau untuk sekedar foto-foto saja.

Untuk memikat daya tarik wisatawan terdapat jembatan gantung ekstrem.

Tamrin menjelaskan, kawasan Bukit Bangkirai tak sekedar untuk berwisata saja. Namun lokasi ini sebenarnya menjadi tempat konservasi hutan sejak tahun 1998. Untuk memikat daya tarik wisatawan terdapat jembatan gantung ekstrem.

"Di sini ada canopy bridge yang menghubungkan lima pohon bangkirai. Tinggi pohon saat posisi naik setinggi 25 meter dan pohon penyangga saat turun setinggi 30 meter. Jembatannya panjangnya 64 meter," terang Tamrin di Bukit Bangkirai, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tamrin menerangkan, ada sekira 2.800 jenis flora dan fauna di sini. Didominasi dengan berbagai jenis pepohonan, misalnya pohon bangkirai (meranti merah), pohon gaharu, hingga pohon ulin.

"Terdapat pula anggrek hitam dari Kalimantan yang tumbuh di sini. Begitu juga dengan berbagai jenis tanaman obat, yang tidak ada di hutan lainnya," imbuh Tamrin.

Pun dengan satwa liarnya ada beruk, monyet, juga ada 113 jenis burung dari Kalimantan, salah satunya burung enggang. Pastinya Anda bisa mengenal flora dan fauna asli Borneo secara mendalam, saat datang kesini.

Anda harus treking pendek karena canopy bridge berada di dalam hutan. Usai treking pendek, Okezone merasakan sensasi naik jembatan gantung di atas pohon, harus naik "lift alami" dulu ya!

Pastinya Anda bisa mengenal flora dan fauna asli Borneo secara mendalam, saat datang kesini.

Masih terasa lelah dan keringat bercucuran, Okezone coba menaklukkan ratusan anak tangga, demi bisa naik ke pohon. Buat yang takut ketinggian jangan coba-coba deh!

Setiba di atas jembatan gantung, duh indah banget pemandangannya. Bikin betah enggak mau turun deh! Tapi karena harus bergantian naik dengan orang lain, maka waktu berada di atas pohon bangkirai cukup singkat. Jembatan tidak bisa dinaiki dua orang karena posisinya miring dan goyang saat dilintasi. Ngeri-ngeri sedap!

Pelan-pelan turun lagi sambil mencuri-curi foto di tangga. Ya ampun, enggak kebayang asrinya hutan Kalimantan yang penuh oksigen. Sejuk suasananya, karena tumbuh berbagai macam jenis pepohonan.

Buat Anda yang ingin merasakan sensasi naik jembatan gantung ini bisa datang ke Objek Wisata Bukit Bangkirai.

Buat Anda yang ingin merasakan sensasi naik jembatan gantung ini bisa datang ke Objek Wisata Bukit Bangkirai. Jam operasional dimulai pada 07.00 WITA sampai 16.30 WITA. Serunya enggak bisa didapatkan di tempat lainnya lho!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini