nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tata Cara Donor Darah, Yuk Simak Apa Saja yang Harus Dilakukan

Tiara Syifa, Jurnalis · Minggu 08 Desember 2019 14:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 08 481 2139373 tata-cara-donor-darah-yuk-simak-apa-saja-yang-harus-dilakukan-4lLKpwOD1o.jpg Syarat dan Tata Cara Donor Darah (Foto: Boldsky)

Donor darah memiliki segudang manfaat. Maka dari itu, tidak heran jika kita sering mendengar pentingnya donor darah. Namun, kita tetap bisa memilih, apakah ingin melakukannya atau tidak karena donor darah bersifat sukarela.

Meski donor darah bersifat sukarela, tapi manfaatnya luar biasa, sehingga harus dibudayakan. Manfaat ini terutama bagi tim medis dalam menangani situasi darurat dan tentu saja pasien yang membutuhkan tranfusi darah.

segudang manfaat donor darah

Namun, sebelum mencoba, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendonor, terutama jika ini merupakan kali pertama melakukan donor darah. Dilansir dari Boldsky, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan sebelum, saat dan sesudah melakukan donor darah.

1. Sebelum melakukan donor darah

Hal utama yang harus diperhatikan adalah siapa saja yang bisa melakukan donor darah? Apakah ada batasan usia bagi yang ingin melakukan donor darah? Apakah ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin melakukan donor darah?

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan sebelum melakukan donor darah: Pertama, jika ingin mendonorkan darah, maka Anda harus dalam keadaan sehat. Meskipun hanya terserang flu ringan, batuk, atau sakit tenggorokan, Anda tetap tidak bisa melakukan donor darah.

Kedua, batasan usia untuk melakukan donor darah adalah 17 – 60 tahun. Ketiga, memiliki berat badan minimal 45 kilogram. Jadi, Anda tidak bisa mendonorkan darah jika memiliki berat badan di bawah angka tersebut.

Keempat, calon pendonor harus memerhatikan hemoglobin yang dimiliki, setidaknya jumlah paling sedikit adalah 12 – 12,5 gram. Untuk menjaga kadar hemoglobin, setidaknya dalam beberapa minggu sebelum melakukan donor Anda dapat mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti makanan laut, daging, bayam, kacang-kacangan, dan kentang.

Selanjutnya, saat ingin mendonorkan darah Anda akan diminta mengisi formulir yang berisi tentang riwayat kesehatan. Dari formulir tersebut, akan diketahui apakah Anda memiliki risiko penyakit yang dapat menular lewat darah atau tidak.

Setelah itu, akan dilakukan pengambilan sampel darah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jika sampel darah tidak menunjukkan masalah, maka Anda dapat melakukan donor darah.

2. Saat melakukan donor darah

Donor darah akan berlangsung sekira 15 menit dan banyaknya darah Anda yang akan diambil sekitar 400ml. Maka dari itu, saat proses donor berlangsung, hal yang harus Anda lakukan adalah untuk tetap tenang dan santai.

3. Sesudah melakukan donor darah

Setelah proses donor berakhir Anda dapat beristirahat untuk mencegah terjadinya ruam, pembengkakan, atau pembekuan darah pada area yang digunakan untuk donor. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan ringan dan minum air yang banyak untuk mengembalikan cairan serta hindari mengonsumsi alkohol.

Hal lain yang harus diperhatikan dan lakukan adalah Anda harus mengurangi aktivitas fisik atau olahraga berat selama 24 jam ke depan.

Jika merasakan pusing, Anda dapat mengonsultasikannya kepada dokter. Anda juga harus tetap menjaga kesehatan tubuh, meskipun telah selesai melakukan donor darah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini