Akupuntur dan Pijat Tradisonal, Alternatif Mengatasi Masalah Kesuburan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 08 Desember 2019 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 08 481 2139430 akupuntur-dan-pijat-tradisonal-alternatif-mengatasi-masalah-kesuburan-PBZPSCzIVt.jpg Ilustrasi. Foto: Ohsu

TAK bisa dipungkiri beberapa wanita kerap bermasalah dengan kesuburan. Faktor tersebut tentunya menghambat setiap pasangan untuk memperoleh momongan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, pasalnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kesuburan. Salah satunya adalah pengobatan alternatif berupa akupuntur.

Dikutip dari berbagai sumber, metode pengobatan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk meningkatkan kesuburan.

Ilustrasi. Foto: Istimewa 

Mmenambahkan pengobatan akupuntur ke dalam program hamil (promil) dapat meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Metode ini menggunakan jarum yang ditusukkan di kulit untuk menyalurkan energi di daerah tubuh tertentu.

Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Beberapa penelitian juga menunjukkan akupuntur bisa mengobati gangguan keseimbangan hormon seperti sindrom ovarium polikistik/PCOS yang membuat kesuburan seorang wanita bermasalah sehingga sulit hamil.

Bagi seseorang yang hendak mengikuti promil seperti program bayi tabung, disarankan untuk melakukan pengobatan akupuntur selama tiga sampai empat bulan sebelumnya untuk meningkatkan keberhasilan kehamilan.

Terapi akupuntur ini tidak hanya dilakukan oleh wanita saja. Kaum adam juga bisa melakukan pengobatan tradisional tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

Selain akupuntur, pengobatan pijat tradisional juga bisa dilakukan untuk mengatasi kesuburan. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah, atau memanggil seseorang yang kompeten di bidangnya.

Pengobatan pijat tradisional ini meliputi, pijat refleksi, myofascial, akupresur, deep tissue massage, dan chi nei tsang. Namun perlu diingat bahwa pengobatan pijat tradisional ini tidak boleh dilakukan ketika menstruasi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, akupuntur dan pijat tradisional harus dilakukan secara rutin dan terus menerus. Anda juga bisa mengombinasikan pengobatan ini dengan beberapa hal lain seperti olahraga untuk kesuburan dan terapi-terapi lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini