nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Jatuh Sakit, Penjual Takoyaki Viral di Solo Kini Batasi Jumlah Pesanan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 09 298 2139542 sempat-jatuh-sakit-penjual-takoyaki-viral-di-solo-kini-batasi-jumlah-pesanan-tWCd5BpZDS.jpg Pedagang takoyaki viral (Foto: Twitter)

PEDAGANG Takoyaki di Kota Solo, Jawa Tengah, sempat viral beberapa waktu lalu. Berkat kekuatan netizen, kedai takoyaki milik Hada Hiroshi itu kini dibanjiri ratusan pengunjung setiap harinya.

Kedai ini pertama kali viral berkat cuitan dari akun Twitter @frpungkas, pada akhir Oktober lalu. Dalam unggahannya, Fransisca membagikan dua buah foto yang disisipi kisah pilu tentang sebuah kedai takoyaki di Kota Solo.

Diceritakan oleh Fransisca, kedai tersebut awalnya sepi pembeli. Padahal, seluruh makanan yang disuguhkan diolah langsung oleh seorang pria asal Jepang.

"Gais cobain ini deh takoyaki enak di solo, yang buat orang Jepang asli beliau gak bisa bahasa Indonesia atau Inggris :'). Tapi kalau ada yang beli biasanya beliau bilang 10k dapet 7 biji," tulis Fransica pada keterangan foto yang diunggahnya.

Pria itulah yang kini sedang viral di berbagai media sosial, bahkan diundang menjadi bintang tamu di sejumlah stasiun televisi swasta. Siapa lagi kalau bukan Hada Hiroshi.

Setelah viral, para pencinta kuliner Nusantara dari berbagai daerah di Tanah Air mulai ramai menyambangi Kota Solo hanya untuk mencicipi kelezatan takoyaki hasil racikan Hiroshi.

Bahkan, menurut informasi yang dikutip Okezone dari kanal YouTube Jajanan Rakyat, pengunjung harus rela mengantri berjam-jam bila ingin mencicipi takoyaki yang sedang viral tersebut.

 Takoyaki

Tak perlu khawatir, selain menjual takoyaki, pengunjung juga bisa memesan olahan ramen dan gyoza yang tidak kalah lezatnya. Semua menu dijamin otentik karena menggunakan resep asli yang telah dipelajari Hiroshi saat masih menetap di Jepang.

Benar saja, pilihan kuah ramen yang ditawarkan Hiroshi tidak sembarangan. Mulai dari kuah jenis shio atau original, kuah kare, kuah syoyu (kecap asin), dan miso. Sementara untuk olahan gyoza, tersedia dalam dua pilihan yakni, gyoza goreng dan gyoza bakar.

Namun, pilihan utama pengunjung tentu saja olahan takoyaki Hiroshi yang sudah terbukti kelezatannya. Takoyaki ini diolah menggunakan adonan tepung yang diberi potongan daging gurita, daun bawang, dan tenkatsu.

Mengingat bahan yang digunakan terbilang banyak, Hiroshi harus melapisi adonan tersebut sampai tiga lapisan. Bisa dibayangkan seperti apa teksturnya saat sudah matang, pasti terasa empuk, gurih, dan lembut.

Saking lezatnya, olahan takoyaki inilah yang paling banyak diburu pengunjung. Dalam sehari, Hiroshi bisa mengolah hingga 80 porsi takoyaki, di mana satu porsinya berisikan 5-7 takoyaki.

 Takoyaki

Namun tidak banyak yang tahu. Belakangan, Hiroshi mulai membatasi jumlah pesanan karena alasan kesehatan. Ia baru saja jatuh sakit akibat kelelahan.

"Sekarang ada maksimal pembuatannya, karena beliau (Hiroshi) sempat sakit, jadi enggak boleh capek-capek. Sehari sekarang 50, dulu 80 porsi," tutur salah satu keponakan Hiroshi yang ikut membantunya berjualan.

Keistimewaan menu-menu yang ada di kedai Hiroshi juga terletak pada bahan-bahan yang digunakan. Semuanya menggunakan bahan berkualitas, dan diolah langsung oleh Hiroshi, terutama untuk takoyaki dan gyoza.

Nah, bagi Anda yang tertarik mencicipi takoyaki, gyoza, dan ramen racikan Hada Hiroshi, lokasinya berada di kawasan di Pucangsawit, Solo. Untuk urusan harga tidak perlu khawatir. Semuanya dibanderol sangat terjangkau yakni, Rp10 ribu per porsi. Kedai buka mulai pukul 15.00 WIB - 20.00 WIB.

Selain itu, bila Anda ingin berinteraksi dengan Hiroshi, perlu diingat bahwa ia hanya fasih berbahasa Jepang. Namun, Anda masih bisa tetap memesan menggunakan Bahasa Indonesia dengan istri atau keponakannya yang ikut berjualan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini