nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulik Es Teh Manis Bu Warsinem yang Viral, Manis dan Wangi Banget!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 09:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 09 298 2139548 mengulik-es-teh-manis-bu-warsinem-yang-viral-manis-dan-wangi-banget-uDa1KbsL0W.jpg Es Teh Manis Bu Warsinem (Foto : Jajanan Rakyat/Youtube)

Kota Solo lagi-lagi berhasil menarik perhatian para pencinta kuliner Nusantara. Setelah viralnya takoyaki murah yang dimasak langsung oleh seorang pria asli Jepang, kini giliran olahan es teh manis yang mengguncang dunia maya.

Eits tunggu dulu. Olahan es teh manis yang dimaksud rupanya tidak sembarangan. Tapi diracik langsung oleh seorang pedagang legendaris bernama Bu Warsinem atau yang akrab disapa Mak Sin.

Sejak viral di media sosial, tak sedikit netizen yang bertanya-tanya di mana kah keistimewaan es teh manis racikan Mak Sin. Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda, Okezone telah merangkum sebuah video vlog dari kanal YouTube Jajanan Rakyat yang mencoba mengulik keunikan es teh manis Mak Sin.

Dalam video tersebut, Tim Jajanan Rakyat tampak menyambangi warung Mak Sin yang terletak di kawasan Jebres, Purwodiningratan, Solo, Jawa Tengah. Warung ini rupanya beroperasi mulai pukul 08.00 WIB hingga sore hari.

Dari tampilan luarnya, warung Mak Sin sekilas mirip seperti warung-warung kaki lima atau angkringan yang sering Anda jumpai saat menyambangi Kota Yogyakarta maupun daerah-daerah di Jawa Tengah. Bentuknya memang sederhana, namun di tempat inilah racikan es teh manis paling lezat se-antero Kota Solo itu berasal.

Es Teh Manis

Saat memasuki warung, pengunjung akan disambut hangat oleh Mak Sin yang tengah sibuk melayani para pelangan. Beberapa alat khusus seperti cangkir plastik berukuran besar, teko berbahan tembaga, dandang, dan peralatan pendukung lainnya tampak menghiasi meja yang berada tepat di hadapan Mak Sin.

Setelah berbincang singkat dengan tim Jajanan Rakyat, Mak Sin langsung mengajak pelanggan barunya tersebut ke salah satu pojok warung yang dipenuhi jembeng (dandang) berukuran besar. Ia kemudian tak segan-segan memberikan informasi menarik tentang rahasia di balik kelezatan es teh manis racikannya.

Usut punya usut, wanita yang telah berjualan selama kurang lebih 26 tahun itu menggunakan campuran tiga jenis teh yang berbeda-beda.

"Saya pakai tiga jenis teh, ada teh cap sintren, teh cap gopek, dan teh cap kadang nyapu. Semuanya direbus dalam satu jembeng (dandang) dengan takaran air yang telah disesuaikan," tutur Mak Sin.

Tak hanya itu, setiap pesanan juga diracik dengan takaran khusus tidak seperti olahan es teh manis yang biasanya langsung dicampurkan dengan gula pasir di wadah berukuran besar. Mak Sin justru menggunakan cangkir khusus ketika hendak meracik pesanan es teh manis dari pelanggannya.

Es Teh Manis

Hasil pantauan Okezone, setiap cangkir es teh manis yang ia racik dicampurkan lagi dengan 6 sendok makan gula pasir. Dari takaran inilah sensasi rasa manis tercipta. Setelah itu, teh akan diaduk hingga gula pasir larut dengan sempurna.

Es Teh Manis

Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan es batu. Es batu yang digunakan juga bukan es batu kaleng-kaleng, melainkan es batu berkualitas yang juga sering disebut dengan istilah es batu kristal. Menariknya, harga yang dibanderol terbilang terjangkau yakni, Rp2.500 per gelas.

Menurut pengakuan Mak Sin, dalam sehari, ia bisa menghabiskan sekitar 15-20 kantung besar es batu kristal mengingat pelanggan terus datang silih berganti hingga sore hari. Sementara jumlah teh yang digunakan, ia biasanya memasak 4-5 dandang teh berukuran besar per hari.

Es Teh Manis

Satu dandang itu kira-kira bisa membuat 100 bungkus es teh manis. Dengan kata lain, dalam sehari Mak Sin bisa menjual 500 bungkus es teh manis.

Lantas bagaimana dengan rasanya? Sang pembawa acara menjelaskan bahwa rasa es teh manis Mak Sin memang berbeda dengan olahan es teh manis pada umumnya. Rasanya agak sepet, kental, manis, dan yang paling menonjol adalah aroma wangi yang disuguhkan.

Es Teh Manis

"Wah segar. Memang ya, memang beda. Tadi kan sobat-sobat pada liat ya, raciknya pakai beberapa jenis teh. Dimasaknya itu, takaran gulanya sesuai porsi. Rasanya sendiri menurut saya, teh manisnya enak, ada sepet-sepetnya, dan yang paling penting wanginya teh itu loh yang bikin beda," kata sang pembawa acara.

Es Teh Manis

"Buat-buat sobat-sobat yang di Solo, atau lagi ada di Kota Solo, wajib kayaknya nih beli es teh manis viralnya Mak Sin," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini