nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Food Plating agar Sejago Chef Restoran, Sudah Lezat Enak Dipandang!

Mas Haidar, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 13:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 09 298 2139630 tips-food-plating-agar-sejago-chef-restoran-sudah-lezat-enak-dipandang-QbWFhJ7kDt.jpg Food Plating (Foto : Tablespoon)

Tak bisa dipungkiri manusia adalah makhluk visual, oleh karena itu penampilan menjadi sangat penting. Begitu juga makanan, selezat apapun makanan bila tampilan kurang enak dipandang, akan sulit menggugah selera. Karena itu, food plating bisa sangat penting bagi sebagian orang.

Penampilan suatu makanan sama pentingnya dengan bagaimana rasanya. Dilansir dari Tablespoon, ini adalah cara terbaik untuk food plating di piring agar nikmat dipandang sejago chef restoran : 

1. Bermain dengan warna makanan

Hal yang menarik dari memasak adalah dapat mengubah warna, tekstur, dan bentuk suatu bahan makanan. Memasak bukan hanya cara menyiapkan makanan untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan warna terbaik dari makanan Anda:

food plating

· Memasak sayuran secara cepat membuat warnanya mejadi lebih menyala dan lebih segar.

· Untuk daging atau ikan, membakar bisa menjadi pilihan utama. Membakar membuat bagian luar menjadi renyah, dan jauh lebih menggiurkan bagi mata.

· Makanan yang digoreng dapat menambahkan warna emas yang indah ke piring serta teksturnya lebih renyah, tapi jangan sampai gosong ya!

Tips food plating masih berlanjut di halaman berikutnya. Langsung saja diklik halaman selanjutnya :

2. Garnish

Meskipun garnish terkesan kecil dan tak penting, namun ia dapat membuat perbedaan besar dalam keseluruhan tampilan dan rasa. Berikut adalah cara terbaik untuk memilih hiasan yang sempurna di piring Anda :

food plating

- Pertama gunakan daun-daunan seperti mint, kemangi atau daun bawang untuk menambah warna dan aroma.

- Kedua taburkan bunga-bunga segar yang bisa dimakan dan yang paling penting, jangan terlalu banyak menaburkan garnish, perlu diingat ia hanya hiasan semata.

3. Memilih Piring Yang Sempurna

Piring memegang peranan penting dalam penyajian suatu makanan, meskipun komposisi warna makanan menjadi yang paling penting. Namun bentuk dan ukurannya dapat memengaruhi hasil akhir akhir dari suatu makanan.

Jika Anda baru belajar dalam memplating makanan dan memiliki piring yang terbatas, cara yang paling mudah adalah memilih piring yang berwarna putih, gading atau warna terang lainnya.

food plating

Dengan cara ini Anda dapat fokus untuk menghias dengan saus atau hiasan, dan menyeimbangkan jumlah ruang yang kosong sehingga komposisi dalam piring menjadi sempurna.

Jangan lupa dengan bentuknya, piring geometris seperti segitiga,persegi bahkan persegi panjang dapat membuat piring putih jauh lebih menarik, dan piring yang lebih gelap atau berwarna cerah dapat menciptakan kontras yang mencolok sehingga mengangkat tampilan makanan Anda.

food plating

Meskipun plating dalam makanan tidak akan mengubah rasanya, tetapi akan lebih indah jika penampilannya menarik dan memiliki rasa yang enak, sehingga orang yang sudah rela merogoh koceknya merasa puas dengan uang yang dikeluarkannya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini