nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Sudah Kadaluwarsa, Makanan Ini Masih Aman untuk Dikonsumsi Loh

Nur Fadila Wahyuni, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 23:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 09 298 2139940 meski-sudah-kadaluwarsa-makanan-ini-masih-aman-untuk-dikonsumsi-loh-NA8wmx393X.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu kekhawatiran kita saat membeli bahan pangan adalah kualitas bahan tersebut. Jangan sampai bahan makanan yang telah kita beli malah tidak bisa dimakan karena sudah kadaluwarsa.

Memang, makanan dapat bertahan lebih lama jika ditaruh dalam lemari pendingin. Tapi bukan berarti makanan yang masuk ke kulkas akan selalu baik kondisinya.

Namun, tahukah Anda tanggal kadaluwarsa hanyalah pedoman, dan makanan tersebut masih bisa dikonsumsi setelah tanggal kadaluwarsa berlalu. Dilansir dari mashed, berikut beberapa makanan yang masih layak Anda konsumsi walaupun sudah melewati tanggal kadaluwarsa.

makanan tersebut masih bisa dikonsumsi setelah tanggal kadaluwarsa berlalu.

Telur

Anda pasti pernah mendengar, jika telur direndam dalam air dan akan mengambang berarti telur tersebut sudah tak layak untuk dikonsumsi. Padahal hal tersebut belum tentu benar, telur biasanya bertahan selama 3-5 minggu setelah Anda membelinya, bahkan bisa lebih lama jika disimpan dengan benar.

Ciri-ciri telur yang tak layak dikonsumsi adalah mengeluarkan bau. Jika telur tersebut mengeluarkan bau yang tidak enak, lebih baik dibuang.

Susu

Susu baik dikonsumsi hingga seminggu setelah tanggal penjualan. Jika susu berubah warna atau telah menggumpal, maka susu tersebut sudah tidak baik untuk dikonsumsi. Supaya susu lebih awet, simpanlah di dalam lemari pendingin dengan suhu 5 derajat celsius.

Keju

Umur simpan keju tergantung pada jenis keju, tetapi keju masih bisa dikonsumsi walaupun sudah lewat dari tanggal kadaluwarsanya. Meski keju ini sudah berjamur di bagian luarnya, Anda bisa mengonsumsi bagian dalamnya yang masih bersih, potong dan buang bagian yang berjamur.

Daging

Penyimpanan daging dengan suhu yang tepat di lemari pendingin itu dianjurkan. Ketika lewat masa kedaluwarsa pun, daging masih aman. Selama daging itu tidak berbau masih aman untuk dikonsumsi. Daging yang kering seperti dendeng akan lebih awet. Sebagian besar daging dapat bertahan berbulan-bulan saat dibekukan.

Sebagian besar daging dapat bertahan berbulan-bulan saat dibekukan.

Madu

Madu salah satu makanan yang bisa dibilang tidak mempunyai tanggal kadaluwarsa. Meskipun berubah warna dan mengkristal, madu tetap aman untuk dikonsumsi. Agar madu Anda tetap segar dan manis, tutup rapat lalu simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Pasta

Pasta masih bisa bertahan lebih lama dari tanggal kadaluwarsa asalkan disimpan dalam wadah kedap udara. Pasta kering akan bertahan lebih lama jika disimpan dalam kemasan aslinya, atau jika disimpan dalam wadah tertutup agar udara tidak masuk.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini