nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Ampuh Liburan Bareng Anak ala Tika Ramlan Eks T2: Orangtua Jangan Egois!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 19:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 09 406 2139889 tips-ampuh-liburan-bareng-anak-ala-tika-ramlan-eks-t2-orangtua-jangan-egois-8UkWrDKtF7.jpeg Tika Ramlan (Foto: Dimas Andhika Fikri/Okezone)

Traveling bersama keluarga dan anak-anak memang membutuhkan perjuangan yang lebih. Tidak hanya mengatur itinerary, akomodasi, dan budget saja, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar momen liburan berjalan lancar dan menyenangkan.

Nah, menjelang liburan akhir tahun, eks personil T2, Tika Ramlan, membagikan beberapa tips tentang beberapa persiapan yang harus dilakukan Ayah dan Bunda ketika hendak traveling bersama sang buah hati tercinta. Tujuannya agar selama traveling anak-anak merasa nyaman, dan mendapatkan manfaat yang maksimal.

Menurut Tika, hal pertama yang harus disiapkan oleh orangtua adalah tenaga dan kesabaran. Ini sangat penting karena sangat memengaruhi suasana liburan.

 Ibu dan anak

"Tipsnya yang pertama sabar. Sama anak-anak harus sabar. Kalau aku kan suka liburan bareng keluarga besar, nah anak yang paling kecil belum terlalu ngerti gitu kan. Jadi memang mesti ekstra tenaga untuk memenuhi kebutuhan si kecil," tutur Tika Ramlan saat ditemui Okezone di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).

Tika menambahkan, sebelum berangkat ke destinasi tujuan, akomodasi, itinerary, dan segala macam keperluannya juga harus dipersiapkan secara matang. Misalnya bila ingin berlibur di musim dingin, harus benar-benar menyiapkan pakaian hangat agar anak tidak rewel dan tetap nyaman selama perjalanan.

 Liburan selebriti

Ini juga termasuk untuk urusan penginapan. Bagi Tika, ia lebih baik menyewa penginapan yang tarifnya sedikit lebih mahal, daripada memilih penginapan murah namun buah hatinya merasa tidak nyaman dan rewel.

"Kalau aku lebih baik mahal dikit tapi bener-bener nyaman. Karena ada beberapa negara yang kamar hotelnya kecil dan lokasinya juga kurang enak, tapi murah. jadi lebih baik mahal dikit anak-anak nyaman, daripada murah anak-anak cranky nanti malah kitanya yang capek lagi," tegas Tika.

"Jangan lupa bawa stroller yang ringan dan mudah dibuka tutup. Di Singapore kemarin ada jasa penyewaan stroller, tapi kalau negara-negara seperti Jepang dan Eropa, aku udah cari-cari enggak ada," tambahnya.

Untuk pilihan destinasinya, sejauh ini Tika lebih sering traveling ke Negeri Sakura Jepang. Selain menyuguhkan beragam aktivitas wisata dan pemandangan alam yang indah, Jepang termasuk salah satu negara yang ramah untuk keluarga.

 Liburan selebriti

"Paling sering ke Jepang. Untuk saat ini, menurut aku Jepang itu paling ramah untuk keluarga. Mau bawa orang tua dan anak di sana enak banget, aman, bersih, dan mau apa aja di sana bisa. Buat yang seneng adventure ada, keindahan alam lengkap, shoppingnya juga ada," papar Tika.

Untuk urusan makanan, Tika mengatakan bahwa Jepang masih cocok untuk lidah orang Indonesia. Belakangan, sudah mulai bermunculan restoran-restoran halal yang menjamur di kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo, Kyoto, maupun Osaka.

Namun bila Anda ingin menghemat pengeluaran, Tika menyarankan untuk menyewa rumah atau apartemen.

"Kalau misalnya pergi sama rombongan seperti kemarin aku sempat liburan 20 orang bersama keluarga besar, aku saranin sewa rumah atau apartemen karena ada dapurnya. Jadi bisa masak sendiri," jelas Tika.

Selain tips-tips di atas, orangtua juga dituntut untuk lebih peka dalam mendahulukan kepentingan anak-anak mereka dibandingkan kepentingannya sendiri.

"Kalau kita udah mutusin pergi sama anak-anak, yang pasti keperluan kita di nomor duakan. Kalau mereka udah tercukupi, baru kita mikir mau kemana. Jadi ya memang tinggal sisa-sisanya," tandas Tika sembari tertawa kecil.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini