nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak dengan Wajan Antilengket Bisa Picu Kanker?

Mas Haidar, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 09 481 2139678 masak-dengan-wajan-antilengket-bisa-picu-kanker-YOoFUqHgA3.jpg Wajan antilengket bisa picu kanker (Foto: Webstaurant)

WAJAN antilengket menjadi peralatan dapur yang menjadi primadona bagi ibu rumah tangga. Wajan antilengket itu sangat membantu karena tidak perlu menggunakan banyak minyak, tidak akan berkerak dan tampilannya tetap menggugah selera.

Dibalik penggunaannya yang praktis, wajan antilengket bisa mengakibatkan kanker jika digunakan terus menerus. Lapisan antilengket sendiri dibuat menggunakan bahan kimia bernama PFOA (Perfluorooctanoic acid).

Wajan antilengket

Ketika wajan antilengket digunakan untuk memasak, zat tersebut bisa menempel ke makanan. Apalagi lagi jika lapisan tersebut sudah tergores atau mengelupas dan tercampur dengan makanan. Sebuah studi mengatakan bahwa paparan PFOA yang tinggi berkorelasi dengan penyakit kanker ginjal, kanker testis dan kolitis ulserativa, dan penyakit serius lainnya.

Seorang pengacara asal Ohio, Amerika Seriakt, Rob Bilott dengan gigih mengejar kasus melawan DuPont, perusahaan kimia yang menciptakan wajan antilengket. Berkat upaya hukum Bilott keras, PFOA tidak lagi digunakan dalam produksi wajan antilengket.

 Wajan antilengket

Oleh karena itu untuk mencegah penggunaan PFOA yang berlebihan, pada Mei 2019, lebih dari 180 negara sepakat untuk melarang produksi PFOA dan beberapa bahan kimia tertentu.

Namun jika tetap ingin menggunakan wajan teflon, berikut tips untuk meminimalisir masuknya zat PFOA ke tubuh kita. Hindari memanaskan antilengket dalam kondisi kosong.

Wajan antilengket

Sebelum memasak oleskan dulu minyak, mentega, atau langsung tempatkan makanan yang ingin Anda masak di atasnya. Hal ini mencegah lapisan antilengket memanas berlebihan sehingga menghasilkan asap polimer yang akan terhirup.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini