nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Oatmeal Lebih Ampuh Menurunkan Berat Badan daripada Diet Rendah Kalori

Fadhilah Annisa, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 07:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 09 481 2139805 oatmeal-lebih-ampuh-menurunkan-berat-badan-daripada-diet-rendah-kalori-QnNRQgCxFX.jpg Makan oatmeal ampuh turunkan berat badan (Foto: Healthline)

UNTUK Anda yang suka makan oatmeal setiap pagi ada kabar baik. Para peneliti membagikan fakta terbaru terkait oatmeal dan penurunan berat badan. 

Ketika rutin makan oatmeal, Anda akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan dan otomatis  dapat menurunkan berat badan. Sebelum membahas efek penurunan berat badan dari makan oatmeal, penting untuk terlebih dahulu memahami susunan nutrisi yang terkandung pada oatmeal.

Oatmeal

Satu cangkir oatmeal matang hanya mengandung 150 kalori, dan Anda mendapatkan 5 gram serat, satu porsi biji-bijian utuh dan sedikit. Oatmeal mengandung nutrisi penting lainnya seperti kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, selenium dan kalium. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka memakan oatmeal, dibandingkan dengan pemakan oatmeal memiliki diet yang lebih sehat.

Di dalam gandum terdapat jenis serat khusus yang disebut beta-glukan. Jenis serat ini, penelitian menunjukkan, telah terbukti oatmeal dapat mengatur hormon penyebab lapar sehingga Anda mungkin merasa lebih puas setelah makan dan akan mudah kenyang.

Ada perbedaan penting antara penelitian yang melihat apa yang orang makan dan apa yang mereka timbang atau seberapa sehat mereka. Terdapat contoh, satu studi di mana sejumlah wanita obesitas diberi diet rendah kalori setiap hari dalam beberapa waktu.

Sekelompok wanita lain mengikuti diet oatmeal setiap hari. Hasilnya seperti apa? Beberapa wanita yang diet rendah lemak mengalami penurunan berat badan, tapi tak sebanyak mereka yang makan oatmeal setiap hari.

Tetapi bagi sebagian orang yang makan oatmeal, serat ekstra membantu mereka menurunkan berat badan lebih banyak. Temuan serupa diulang dalam penelitian lain pada wanita yang kelebihan berat badan.

Oatmeal

Menurut Julie Miller Jones, Ph.D., CNS, Cendikiawan dan Profesor Emerita dari Food & Nutrition di Universitas St. Catherine. Para partisipan yang makan oatmeal mengalami penurunan berat badan dan begitu juga yang bukan pemakan oat.

"Keduanya sama-sama mengalami penurunan berat badan. Namun terlihat satu jenis pola diet yang lebih signifikan menurunkan berat badan," ujarnya.

Tapi perbedaannya, Jones mengatakan bahwa mereka yang makan gandum atau oatmeal setiap hari dapat menurunkan berat badan dengan jumlah yang cukup signifikan. '

Hal itu disebabkan oleh kandungan tinggi serat yang ada pada oatmeal berperan penting dalam metabolisme tubuh yang memungkinkan penurunan berat badan lebih signifikan daripada diet rendah kalori biasa.

Sedangkan, penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi oatmeal setiap hari juga dapat membuat tubuh lebih sehat karena adanya pengurangan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini