Nekat Makan Pisang Senilai Rp1,6 Miliar, Aksi Seniman Ini Curi Perhatian

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 09 612 2139901 nekat-makan-pisang-senilai-rp1-6-miliar-aksi-seniman-ini-curi-perhatian-5hWciZ03jY.jpg David Datuna makan pisang senilai Rp1,6 miliar (Foto: david_datuna/Instagram)

Pameran karya seni sering kali memiliki sederet aturan ketat yang harus dipatuhi oleh pengunjung. Salah satunya adalah larangan untuk menyentuh benda seni yang dipamerkan. Namun hal berbeda malah dilakukan oleh seniman Amerika Serikat, David Datuna.

Aksi David Datuna dalam pameran di galeri Art Basel, Miami mencuri perhatian. Hal ini dikarenakan ia berani memakan sebuah pisang yang merupakan hasil karya dari seniman Italia, Maurizio Cattelan. Karya seni tersebut telah dibeli oleh seorang kolektor seni di Prancis dengan harga USD 120 ribu atau setara dengan Rp1,6 miliar.

 Pria membawa pisang

Datuna membagikan momennya memakan pisang mahal tersebut dan mengunggahnya ke Instagram. Pada keterangan video tertulis ‘Hungry Artist’. Video memperlihatkan seniman berusia 45 tahun itu berjalan ke arah pisang yang menempel di dinding lalu mengambilnya. Ia kemudian mengupas dan memakan pisang tersebut.

Pada video terlihat juga Datuna didatangi petugas galeri. Dirinya diminta memberikan penjelasan. Sebab meskipun memajang pisang sebagai karya seni adalah hal yang membingungkan dan buah diganti secara berkala, tetap saja pengunjung tidak diperkenankan menyentuhnya. Terlebih karya seni tersebut memiliki sertifikat yang membuatnya bernilai.

Dalam cuplikan video terdengar petugas galeri menganggap tindakan Datuna adalah lelucon. Dirinya bisa dipenjara dengan perilakunya. Namun hal itu ditanggapi santai oleh sang seniman.

 

Melansir TMZ, Senin (9/12/2019), Datuna mengatakan setelah makan pisang dirinya dibawa oleh petugas galeri ke suatu ruang pribadi. Di sana ia bertemu dengan petugas kepolisian yang menginterogasi dan mencatat semua informasi yang diberikan. Hanya saja dirinya tidak ditangkap atau diberikan status sehingga masih bebas hingga sekarang.

Datuna mengatakan ada kemungkinan ia akan menghadapi tuntutan di kemudian hari. Hal ini dikarenakan pihak galeri sedang mempertimbangkan untuk mengajukan keluhan.

Tapi tidak diketahui secara pasti tuntutan apa yang nantinya diajukan. Bisa jadi pencurian kalium dalam jumlah besar. Satu yang pasti, petugas galeri dan keamanan masih bingung karena tidak pernah berurusan dengan situasi seperti ini sebelumnya. Terlebih menurut kabar pisang sudah diganti.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini