nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Kekerasan Anak dan Perempuan karena Ekonomi, Menteri PPA Punya Solusinya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 10:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 10 196 2140061 banyak-kekerasan-anak-dan-perempuan-karena-ekonomi-menteri-puspayoga-punya-solusinya-xjnctntoCx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI zaman yang semakin modern dan maju, sudah menjadi hal yang wajar jika perempuan ikut bekerja dan tidak tidak hanya berkutat di dapur serta mengurus rumah semata. Meskipun sudah berkeluarga, tapi perempuan sangat bisa loh berperan dalam menopang finansial keluarga.

Ya, perempuan yang sudah berkeluarga bukan cuma bisa sebagai istri dan ibu, namun juga penopang keuangan setelah suami. Dengan demikian, tidak perlu khawatir ekonomi keluarga berkekurangan.

Dorongan terhadap kaum perempuan agar bisa menjadi pahlawan ekonomi, dengan menopang ekonomi keluarga inilah yang digiatkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga.

Bintang menyebut, dengan berdaya di atas kaki sendiri serta memiliki penghasilan, maka kaum perempuan bisa memiliki bargaining position di mata keluarga dan masyarakat.

Nah, salah satu caranya adalah lewat pemahaman di bidang kewirausahaan.

Perempuan dari keluarga prasejahtera bisa ikut berperan dalam menopang ekonomi keluarga. Nah, salah satu caranya adalah lewat pemahaman di bidang kewirausahaan.

“Seirama salah satu prioritas arahan Presiden Joko Widodo kepada Kemen PPPA, untuk memberdayakan perempuan di bidang kewirausahaan. Selama ini, kekerasan terhadap perempuan terjadi salah satunya karena faktor ekonomi," kata dia.

"Jika perempuan sudah bisa menopang ekonomi keluarganya, maka perempuan mempunyai bargaining position di mata keluarga dan masyarakat," tambahnya.

Menurutnya, pendampingan pada Program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda merupakan pola yang luar biasa. Hal ini seirama salah satu prioritas arahan Presiden Joko Widodo kepada Kemen PPPA untuk memberdayakan perempuan di bidang kewirausahaan.

"Jika perempuan sudah bisa menopang ekonomi keluarganya, maka perempuan mempunyai bargaining position di mata suami, keluarga dan masyarakat," tutur Bintang yang dijumpai Okezone di Surabaya, Jawa Timur.

pendampingan pada Program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda merupakan pola yang luar biasa.

Lebih lanjut Bintang menambahkan, perihal pemberdayaan ibu rumah tangga di bidang wirausaha untuk menopang ekonomi keluarga ini nyatanya juga berperan terhadap kasus kekerasan pada anak dan perempuan.

Menteri asal Bali satu ini mengungkapkan, selama ini kasus kekerasan pada anak dan perempuan tidak bisa lepas dari faktor kesulitan ekonomi. “Selama ini, kekerasan terhadap perempuan terjadi salah satunya karena faktor ekonomi. Kasus kekerasan pada anak dan perempuan itu enggak jauh-jauh karena dampak dari ekonomi yang sulit,” imbuhnya.

Maka dari itu, melihat program pahlawan ekonomi yang diinisiasi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini ini berfokus tentang pemberdayaan ibu rumah tangga dari keluarga prasejahtera.

Bintang berharap hal ini bisa menjadi inspirasi sekaligus dorongan semangat bagi perempuan-perempuan lain untuk bisa maju di bidang ekonomi.

“Kami mengapresiasi usaha para perempuan di sini yang telah menghasilkan produk-produk lokal. Semoga motivasi para pahlawan ekonomi di sini juga bisa menjadi motivasi bagi perempuan di daerah lainnya untuk bergerak dan berjuang dalam bidang ekonomi," tutup Bintang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini