nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indahnya Danau Bantimurung Dipenuhi Ribuan Kupu-Kupu Cantik

Herman Amiruddin, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 15:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 10 406 2140228 indahnya-danau-bantimurung-dipenuhi-ribuan-kupu-kupu-cantik-ClpWG2ALay.jpg Ribuan Kupu-Kupu Menjadi Daya Tarik Wisata (Foto: Herman/Okezone)

MAKASSAR - Ribuan kupu-kupu mulai menetas dan beterbangan di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Kepak sayap ribuan kupu-kupu dengan beragam warna semakin menambah keindahan alam.

Kemunculan ribuan kupu-kupu ini hanya terjadi dua kali dalam setahun. Yaitu, pada musim peralihan kemarau ke musim hujan, atau musim hujan ke musim kemarau. "Ini terjadi karena kupu-kupu sedang menetas dalam skala yang besar," ujar Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Yusak Mangetan kepada Okezone.

Ribuan Kupu Kupu

Yusak menjelaskan terdapat 247 jenis spieses kupu-kupu di objek wisata Bantimurung. "Ini belum termasuk jenis mods atau kupu-kupu malam yang muncul pada malam hari bila ada cahaya penerangan lampu," kata Yusak.

Dari sekian banyak kupu-kupu, terdapat jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh peraturan pemerintah dengan nomor P 20 tahun 2018 tentang jenis satwa dan tumbuhan yang dilindungi.

Ribuan Kupu Kupu  indah

"Ada lima jenis kupu-kupu yang dilindungi yaitu kroides helena/ troides holipron, troides hopilitus, troides hoblongo makulatus/ dan sitosia merina," sebut Yusak.

Jenis species kupu-kupu yang dilindungi, jelas Yusak, perilakunya berterbangan dan kerap kali berada di pucuk-pucuk pohon.

"Satu di antaranya menjadi icon taman nasional Bantimurung Bulusaraung yaitu spises grapium anggrokles, kupu-kupu yang mempunyai ekor panjang warna putih," jelasnya.

Danau tempat kupu kupu berkumpul

Adapun fase kemunculan kupu-kupu, mulai dari telur hingga menetas selama seminggu, kemudian dari telur untuk mencapai larva, dua sampai tiga minggu. Dari larva ke puva atau kepompong, yaitu dua sampai tiga minggu, kemudian menjadi himago atau kupu-kupu dewasa kurang lebih satu bulan. "Kupu-kupu ini bisa bertahan hidup sampai 15 hari hingga 45 hari kemudian mati," kata Yusak.

Ia berharap kemunculan ribuan kupu-kupu ini dapat menepis keraguan sebagian orang atau pengunjung, karena mereka selama ini menganggap kupu-kupu sudah tidak ada lagi di objek wisata Bantimurung.

Jika pengunjung mengamati, terdapat ribuan kupu-kupu yang berterbangan di sebuah danau yang ada di objek wisata alam Bantimurung. Alhasil sejak dulu kala lokasi ini mendapat julukan Kingdom of Butterfly atau kerajaan kupu-kupu.

Satwa kupu kupu menawarkan keindahan alam

Spot jenis kupu-kupu terdapat tiga sampai empat spot, di kawasan objek wisata alam Bantimurung. Hal ini belum termasuk yang ada di tempat lain, semua wilayah taman nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul).

Bagi para pengunjung yang akan melihat kupu-kupu dari dekat, ada lokasi yang paling cocok di kunjungi di objek wisata ini, yang berjarak sekitar 1 kilometer dari air terjun, atau tepatnya di telaga Kassi Kebo.

Paduan indah kupu kupu di alam liar

Di sini terdapat ribuan ekor kupu-kupu cantik dengan beragam corak dan warnanya hinggap di tepi danau dan sesekali terbang mengelilingi danau.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini