nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jurus Terakhir Kemenparekraf Gaet Wisman Malaysia dan Singapura di Penghujung Tahun

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 22:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 10 406 2140400 jurus-terakhir-kemenparekraf-gaet-wisman-malaysia-dan-singapura-di-penghujung-tahun-osM12fJXri.jpg Ilustrasi (Foto: Kemenparekraf)

Memasuki penghujung tahun 2019, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan Traveloka meluncurkan program bertajuk 'Amazing Deals to Indonesia' demi mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Menurut penuturan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemeparekraf, Rizki Handayani, program ini akan berfokus pada pasar wisman Malaysia dan Singapura.

 Pantai

(Foto: Dok. Kemenparekraf)

Bukan tanpa alasan, Malaysia dan Singapura masuk dalam kelompok negara dengan jumlah kunjungan wisatawan tertinggi ke Indonesia. Hingga Oktober 2019, sebanyak 241,1 ribu (17,80% dari total wisman) berasal dari Malaysia, dan sebanyak 145,2 ribu (10,72% dari total wisman) berasal dari Singapura.

Tak hanya itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kunjungan wisman yang berkunjung ke Indonesia selama periode Januari-Oktober 2019 telah mencapai 13.6 juta, atau naik 2,85% dibanding periode yang sama tahun lalu.

 Perempuan berjilbab

(Rizki Handayani, Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Hal ini menjadi angin segar, mengingat pemerintah telah menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta hingga akhir 2019. Oleh karena, melalui kegiatan promosi dan program-program penjualan yang menarik di luar negeri, dapat membantu pencapaian target tersebut.

"Kami berharap melalui kemitraan strategis ini serta kegiatan-kegiatan promosi lain dapat mendorong lebih banyak lagi kunjungan wisman ke Indonesia," terang Rizky Handayani, dalam konferensi pers 'Amazing Deals to Indonesia', di Artotel, Jakarta Pusat, Selasa (10/12/2019).

Hal senada juga disampaikan oleh Sufintri Rahayu, selaku Public Relations Director Traveloka. Berdasarkan data internalnya, Malaysia dan Singapura merupakan pasar yang cukup tinggi tingkat antusiasmenya untuk berkunjung ke Indonesia, terutama pada akhir tahun.

 Pantai

(Foto: Dok. Kemenparekraf)

"Biasanya mereka tidak hanya berkunjung ke satu kota, namun berkeliling ke beberapa kota di Indonesia. Hal ini perlu mendapatkan apresiasi dan sekaligus juga perlu dibuat sebuah program yang semakin memudahkan mereka untuk mengakses baik informasi dan lain sebagainya. Sehingga akan meningkatkan experience mereka saat melakukan kunjungan ke Indonesia," ujar Sufintri.

Lantas seperti apa penawaran menarik yang disuguhkan Kemenparekraf dan Traveloka? Secara konkret, para wisatawan Malaysia dan Singapura mulai Desember ini akan mendapatkan promo Amazing Deals to Indonesia ketika membuka platform Traveloka.

Mereka akan mendapatkan paket penawaran yang sangat menarik untuk mengunjungi kota-kota Indonesia, termasuk di dalamnya destinasi super prioritas seperti Medan, Jogjakarta, Lombok, dan Labuan Bajo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini