nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marak Dokter Palsu, Hati-Hati Konsultasi Kesehatan Online!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 16:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 10 481 2140205 marak-dokter-palsu-hati-hati-konsultasi-kesehatan-online-l8KLynkl6G.jpg Ilustrasi konsultasi kesehatan online (Foto : Medlife)

Kecanggihan teknologi telah memudahkan manusia dalam menjalani berbagai kegiatan, salah satunya dalam dunia medis. Saat ini banyak sekali platform yang menyediakan berbagai layanan konsultasi kesehatan online dengan dokter, sehingga para pasien yang hendak berobat bisa mengetahui dahulu penyakit yang dialaminya.

Meski demikian, masyarakat juga harus pandai dalam menentukan platform konsultasi kesehatan online yang hendak digunakan. Pastikan platform tersebut kredibel dan bekerjasama dengan para tenaga medis yang ahli di bidangnya. Jangan sampai niat Anda untuk berkonsultasi justru menjadi boomerang bagi diri sendiri.

Ketua IDI

Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng M Faqih, SH MH, mengatakan saat ini banyak sekali ditemukan orang yang mengaku-ngaku menjadi dokter atau tenaga medis. Bahkan banyak pula dari mereka yang membuka tempat praktek dan ketika diselidiki ternyata dokter palsu.

“Banyak konsultasi kesehatan yang memberikan saran. Tapi kan kita tidak tahun itu di belakangnya siapa, bisa dokter atau orang yang ngaku-ngakunya dokter. Jadi dengan adanya platform terpercaya ini kami akan membuat regulasi yang meyakinkan seluruh tenaga medis yang bergabung harus terjamin mereka adalah benar-benar dokter,” terang dr. Daeng, dalam Peluncuran GrabHealth powered by Good Doctor di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Ketua IDI

Dokter Daeng mengatakan masyarakat juga harus membedakan antara dokter yang kredibel dan abal-abal. Menurutnya dokter yang kredibel itu telah memiliki surat tanda registrasi yang artinya telah diakui kompetensinya oleh negara.

Selain itu dokter kredibel harus memiliki surat izin praktek pada tempat prakteknya. Sementara dokter abal-abal biasanya tidak memiliki perijinan yang lengkap.

Konsultasi Online

“Untuk memastikan masyarakat mendapatkan dokter yang kredibel maka dokter-dokter yang ikut dalam program ini adalah yang memiliki tempat praktek. Jadi kalau dari hasil konsultasi pasien perlu datang, maka tempat prakteknya sudah ada, sehingga pasien bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan yang jauh lebih baik dari sang dokter,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini