nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan Ikan Seminggu Sekali Bikin si Kecil Lebih Sehat dan Pintar

Ummu Hani, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 22:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 10 481 2140372 makan-ikan-seminggu-sekali-bikin-si-kecil-lebih-sehat-dan-pintar-WfDidHlmK2.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Penelitian menunjukkan anak-anak yang makan ikan secara teratur mendapat skor lebih tinggi pada tes IQ yang mengukur fungsi kognitif pada anak. Fungsi kognitif adalah kemampuan untuk berpikir yang optimal tidak hanya dibutuhkan oleh individu yang berusia muda, tetapi sepanjang usia.

Dilansir dari Gulftoday, Selasa (10/12/2019), Scientific Reports, menerbitkan penelitian tentang studi terhadap 541 anak di Tiongkok berusia 9-11 tahun yang menyelesaikan kuesioner tentang seberapa seringnya mereka makan ikan dalam sebulan.

 Ikan

Hasilnya adalah mereka yang makan ikan satu kali dalam seminggu, mendapat skor 4.8 poin lebih tinggi pada the Wechsler Intelligence Scale IQ daripada mereka yang tidak makan ikan.

Sedangkan anak-anak yang makan ikan hanya sesekali memiliki keterampilan verbal dan non-verbal yang lebih baik dengan skor 3.3 poin lebih tinggi pula.

Studi baru di Florida Selatan, menemukan anak-anak yang makan ikan secara teratur juga mendapat skor lebih tinggi pada tes IQ standar.

Seorang profesor keperawatan dan kesehatan masyarakat, Jianghong Liu, mengatakan omega 3 berasal dari makanan, bukan dari suplemen. Ikan adalah makanan yang mengandung omega 3 tinggi, karena itu penelitian menemukan otak yang dapat berfungsi lebih baik pada anak yang mengonsumsi ikan.

 Ikan

Namun jangan jadikan acuan jika anak memakan ikan akan langsung menjadi pintar. Tentu ada faktor lain yang memengaruhi kecerdasan otak pada anak, seperti lingkungan, kegiatan fisik dan pendidikan. Ikan hanya makanan tambahan untuk menunjang kecerdasan pada otak.

Minyak ikan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah anti radang. Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih ikan untuk anak-anak, carilah ikan dengan kandungan merkuri rendah. Ikan dengan kandungan merkuri rendah adalah ikan tuna putih.

“Penelitian tersebut menambah kumpulan bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi ikan memiliki manfaat kesehatan yang baik dan harus menjadi sesuatu yang banyak diiklankan supaya anak-anak kenal dengan hal tersebut sejak dini,” Kata Profesor Jennifer Pinto-Martinone, direktur eksekutif dari Pusat Inisiatif Kesehatan Masyarakat Penn.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini