Sampo hingga Kondisioner Bisa Jadi Penyebab Timbulnya Jerawat

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 11 611 2140470 sampo-hingga-kondisioner-bisa-jadi-penyebab-timbulnya-jerawat-JmzatXGV4y.jpg Produk perawatan rambut jadi penyebab jerawat (Foto: Today)

Permasalahan soal jerawat, masih jadi masalah utama menyangkut kesehatan dan kecantikan kulit yang dikeluhkan banyak orang. Menurut data kasus dari sebuah klinik kecantikan ternama di Indonesia, menyebutkan ada sekira 2 juta kasus menyangkut masalah jerawat yang ditangani di klinik tersebut per tahunnya.

Walau terlihat sepele, nyatanya tak dipungkiri kehadiran jerawat baik itu di wajah atau bagian anggota tubuh lainnya memang menganggu penampilan bahkan juga bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

 Jerawat

Kehadiran jerawat disebabkan banyak faktor pemicu. Mulai dari perubahan hormonal, pola gaya hidup tidak sehat dan tidak seimbang, hingga pola tidur yang tidak baik.

Namun selain itu, ada faktor penyebab jerawat yang mungkin banyak tidak disadari oleh banyak orang. Ialah pemakaian produk perawatan rambut. Sebagaimana diungkapkan oleh dr.Purnama Sari, dari Erha Skin Center, pemakaian produk perawatan rambut mulai dari sampo, vitamin rambut, hingga kondisioner juga memberikan kontribusi terhadap munculnya jerawat.

“Pemakaian produk perawatan rambut harus diperhatikan, karena produk perawatan rambut bisa menyumbat pori-pori kulit dan juga iritasi. Contohnya kayak sampo, masker rambut, juga vitamin rambut, kebanyakan teksturnya berminyak kan dan produk perawatan rambut semacam ini sifatnya digunakan sehari-hari,” ujar dr.Purnama Sari saat ditemui Okezone, di kawasan BSD, Tangerang.

 Sampo

Pengaruh yang ditimbulkan oleh pemakaian produk perawatan rambut terhadap jerawat ini, disebutkan biasanya jadi pemicu munculnya jerawat di area hairline (garis rambut) dan dahi.

dr.Purnama Sari menyarankan, agar tetap bisa menggunakan produk perawatan rambut namun tidak menyebabkan kehadiran jerawat. Maka dari itu, pemilihan produk perawatan rambut yang dipakai harus betul-betul diperhatikan kandungan bahannya. Idealnya produk perawatan rambut yang dipakai sehari-hari tipenya yang mild (ringan).

 Keramas

“Disarankan misalnya untuk sampo dan kondisioner deh, pilih sampo dan kondisioner yang gentle. Gentle itu, sampo dan kondisioner yang sesuai dengan pH kulit, tidak banyak mengandung parfum dan alkohol. Hindari juga pakai gel, minyak dan pomade rambut. Saat pakai produk perawatan rambut, tidak tersentuh. Diikat atau dikasih bando untuk menyelamatkan hairline,” tutup dr.Purnama Sari

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini