Bukan Hanya ABG, Jerawat Bisa Menyerang Orang Dewasa Loh

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 11 611 2140531 bukan-hanya-abg-jerawat-bisa-menyerang-orang-dewasa-loh-NeBiDjl3QZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT, walau tampak simpel nyatanya masih jadi salah satu masalah kesehatan dan kecantikan kulit yang paling banyak dialami. Baik pria maupun perempuan, dari berbagai rentang usia.

Mendengar kata masalah jerawat, memang identik dengan remaja. Ya, biasanya kehadiran jerawat yang mengganggu ini dialami oleh banyak orang saat di usia remaja yakni tepatnya saat berusia di bawah 21 tahun.

Jerawat yang hadir baik di wajah, hairline (garis rambut), punggung, ataupun dada dan bagian tubuh lainnya biasanya mulai hadir di usia remaja saat sudah mulai memasuki masa pubertas. Memang, selama masa pubertas, ada perubahan hormonal yang menyebabkan wajah mudah berjerawat.

selama masa pubertas, ada perubahan hormonal yang menyebabkan wajah mudah berjerawat.

Tapi hal ini tidak semerta-merta berlaku bagi semua orang. Tidak jarang pula, baik pria ataupun perempuan yang saat remaja kulit wajah atau tubuhnya tidak mengalami masalah soal jerawat sama sekali.

Seperti diungkapkan oleh dr. Purnama Sari, ada jerawat yang baru muncul saat sudah masuk di usia dewasa muda yaitu ketika sudah berusia di atas 21 tahun dengan berbagai faktor menjadi penyebabnya.

“Kalau pas remaja kan ya karena perubahan hormon, nah kalau pas middle age atau dewasa muda penyebabnya karena pola gaya hidup yang dijalani," ungkap dr. Purnama Sari di AEON, BSD, Tangerang.

"Pola makan, misalnya sering makan junk food, stres karena sudah mulai masuk dunia kerja, pola tidur yang berantakan, atau bisa juga asupan minum air mineralnya enggak terpenuhi. Ya risiko munculnya jerawat jadi lebih besar,” tambahnya.

Jika sudah timbul jerawat, selain tindakan penyembuhan sesuai dengan tipe jenis jerawat yang dialami. Di sisi lain, kita juga harus pintar-pintar dalam memilih produk perawatan wajah yang dipakai sehari-sehari, contohnya dari produk yang paling sederhana saja, yaitu sabun pembersih wajah dan pelembap.

Nah untuk kulit berjerawat, sabun pembersih wajah dan pelembap yang dipakai idealnya adalah produk yang bertekstur gel alias gel-based.

contohnya dari produk yang paling sederhana saja, yaitu sabun pembersih wajah dan pelembap.

“Simpe saja sih, pelembap dan facial wash itu yang gel-based untuk kulit berjerawat jadi tekstur yang terbaik dibanding oil atau water-based. Saat berjerawat sebetulnya memang harus menghindari yang teksturnya berminyak (oil based) dan water based, terbaik pakai yang gel-based karena memang ringan,” tutup dr.Purnama Sari.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini