Jangan Kaget, 8 Makanan Ini Ternyata Mengandung Serangga

Nada Husna, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 12 298 2140954 jangan-kaget-8-makanan-ini-ternyata-mengandung-serangga-zznpJmgR4M.jpg Makanan mengandung serangga (Foto: Shutterstock)

BAGAIMANA jika Anda membayangkan makan serangga, yang terlintas dalam benak Anda pasti menjijikkan bukan? Menurut Scientific Americanblog, konsumen makan rata-rata satu lalat, belatung dan serangga lainnya setiap tahun tanpa disadari.

Tapi jangan panik, meski menjijikan namun makan serangga tersebut aman. Faktanya, Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) sebenarnya memperkirakan ada sejumlah serangga kecil dalam produk makanan, karena tidak mungkin untuk menyaring semuanya.

Dilansir dari Reader'sDigest, Kamis (12/12/2019). Mari simak baik-baik 8 makanan yang ternyata  mengandung serangga di dalamnya.

Selai kacang

Selai kacang

Toples selai kacang 16 ons di dapur Anda dapat berisi hingga 136 serangga sebelum dianggap terkontaminasi, menurut panduan Level Cacat Makanan Action FDA. Ini mungkin terdengar aneh, tetapi tidak jarang fragmen serangga termasuk kepala, tubuh, dan kaki mereka tidak sengaja berakhir di makanan yang kita makan. Binatang kecil selalu muncul selama proses pembuatan makanan, dari mulai makanan ditanam hingga proses penyimpanan dan penyangkutan makanan ke toko bahan makanan Anda. Kotor bukan?

Cokelat

Cokelat

Menurut standar FDA, rata-rata batang cokelat 4,4 ons dapat memiliki hingga 74 fragmen serangga. Menurut sebuah penelitian terbaru oleh Terro, sebuah perusahaan menemukan semut dalam pengolahan cokelat batang. Tapi tunggu, masih ada lagi. Terro juga mengatakan, Lipas adalah salah satu kontaminan paling umum yang ditemukan dalam cokelat.

Pasta

Pasta

FDA secara hukum mengizinkan hingga 225 fragmen serangga per 225 gram pasta sebelum mereka melarang produk untuk dijual. Jika Anda tidak melakukan perhitungan, itu sekitar satu binatang kecil untuk setiap gram pasta. Serangga biasanya masuk ke pasta melalui gandum, yang dapat mengandung hingga 75 serangga per 50 gram (sekitar ┬╝ gelas).

Biji kopi

Biji kopi

Saat Anda menyesap secangkir kopi panas yang panas, Anda mungkin juga minum sekitar 120 serangga. FDA menyetujui sampel kopi yang kurang dari 10 persen terkontaminasi serangga. Menurut Terro, Pada tingkat itu rata-rata peminum kopi dapat tanpa sadar mengonsumsi hampir 140.000 serangga per tahun. Semua itu dapat terjadi ketika biji kopi dijemur dan dihinggapi serangga. Tak hanya itu, mungkin ada kotoran di kopi Anda juga.

Jamur

Jamur

Secara teknis disetujui oleh FDA, Jika 3,5 ons jamur kaleng mengandung 19 ulat dan 74 tungau. Mungkin kalau dibayangkan jamur ternyata kotor, fragmen-fragmennya sangat kecil sehingga Anda tidak akan menyadari mereka ada di sana. Sekaligus ada banyak nilai gizi pada serangga ini. Menurut penelitian Terro, Ulat makanan merupakan bentuk lain dari larva serangga, mengandung lebih banyak protein daripada ayam atau salmon.

Brokoli

Brokoli

Kutu daun adalah serangga kecil, mereka tumbuh hanya berukuran 2 hingga 5 milimeter dan biasanya hinggap di sela-sela bunga brokoli.

Kayu manis

Kayu manis

Kayu manis mungkin bisa digunakan secara ajaib untuk melangsingkan , tetapi juga menyimpan rahasia besar. FDA memperkirakan terdapat 400 fragmen serangga per 50 gram kayu manis bubuk.

Berry

Raspberry

Raspberry dan blueberry menjadi camilan manis untuk serangga, seperti cacing dan kumbang. Mengetahui hal ini, FDA mengghitung ada empat larva atau sepuluh serangga utuh per 500 gram buah berry. Jangan kaget, kemungkinan mereka akan sangat kecil untuk dilihat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini