nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warna Ruangan Bisa Bangkitkan Mood dan Semangat Pagi

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 08:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 196 2141379 warna-ruangan-bisa-bangkitkan-mood-dan-semangat-pagi-gDaCmjoc0S.jpg Tips dekorasi ruang (Foto: Ist)

WARNA ruangan rumah ternyata dapat menentukan mood Anda seharian. Karenanya, Anda harus tepat memilih warna cat yang cocok dengan kepribadian, serta dapat membantu bangkitkan mood.

Terlebih orang hidup di zaman yang serba cepat dari segi apapun. Setiap hari pasti Anda dikejar-kejar oleh pekerjaan dan aktivitas lainnya yang padat di luar rumah. Sehingga saat Anda sudah tiba di rumah membutuhkan waktu untuk relaksasi sejenak untuk mengembalikan mood.

Dekorasi ruang

Praktisi Kesehatan Holistik Reza Gunawan mengatakan, warna punya makna mendalam yang mudah masuk ke dalam memori. Dalam sistem memori manusia kenalnya dengan 7 cakra warna yang disebut mejikuhibiniu.

"Warna bukan hanya sesuatu yang dilihat tapi juga ada di tubuh kita. Itu sebabnya, warna ada efek mendalam kalau kita merasakam refleksi dan digunakan secara intensional," ucap Reza di sela Konferensi Pers Peluncuran Dulux Colour Of The Year 2020 di kawasan Karet, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Reza menambahkan, untuk membangun mood yang baik, Anda harus memilih warna-warna yang tepat. Warna gabungan abu-abu, hijau dan biru adalah spektrum yang paling meneduhkan dan menyejukan.

Warna-warna tersebut juga punya dimensi mendalam untuk menciptakan mood yang baik. Selain itu memberi efek terapi yang baik untuk tubuh.

"Warna harus bisa menyatu dengan optimal dari diri kita. Bagaimana ambil jeda dan refleksikan diri kita, serta berniatlah memilih warna. Semua akan jadi elemen untuk efek penyembuhan," terang Reza.

 Ilustrasi

Di samping meneduhkan, sebut Reza, warna hijau juga cenderung membuat lingkungan lebih bersih. Warna ini juga dapat dieksplorasi sampai akhirnya memberi hasil terapeutik.

Maka itu, saat mengecat tembok rumah, Anda harus memilih warna yang tepat. Tentukan warna yang cocok diterapkan di semua ruangan, khususnya kamar atau ruang pribadi.

"Warna hijau biasanya memberikan energi personal dan keterikatan emosi," beber Reza.

President Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) Indra Laban, menambahkan, warna ruangan dipercaya memiliki kekuatan untuk mengubah mood. Tak heran ketika seseorang berada di satu ruangan dengan warna cat lembut, pasti betah.

"Kita pasti punya sebuah tempat untuk mengekspresikan diri sendiri, terhadap sesama manusia, juga alam. Elemen warna sangat penting, karena memberikan perasaan nyaman," kata Indra.

Dia menuturkan, tren warna cat tembok 2020 cenderung pada nuansa lembut. Semuanya mengalir, bisa membangkitkan mood dan semangat manusia.

"Tranquil dawn akan menjadi tren warna 2020. Warna ini membawa makna untuk kembali ke dalam sosial elemen," beber Indra.

 dekorasi

Bukan itu saja, seseorang juga pasti akan lebih mudah berimajinasi dan meningkatkan kreativitas. Dengan memilih nuansa ruangan dengan warna yang lembut, pasti membawa kedamaian hidup karena menenangkan.

"Orang di tahun 2020 pasti merasa ingin lebih berwarna bagi orang lain, imajinatif dan bersikap terbuka," pungkas Indra.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini