nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Langkah Pulihkan Hati yang Galau Usai Putus Cinta

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 14 Desember 2019 09:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 196 2141581 5-langkah-pulihkan-hati-yang-galau-usai-putus-cinta-ja62h0ObWF.jpg Ilustrasi (Foto : Yourtango)

Putus cinta bukan suatu hal yang menyenangkan. Bagaimanapun, mengakhiri hubungan dengan orang yang pernah mengisi hati dapat membawa kesedihan. Bahkan yang lebih parah, putus cinta dapat menyebabkan depresi, pikiran obsesif, kemarahan, sikap dendam, kehilangan kepercayaan pada cinta, kecemasan, dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya, untuk menghindari dampak negatif dari putus cinta, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Melansir Pink Villa, inilah cara mengatasi suasana hati usai putus cinta

1. Penerimaan

Perempuan Merenung

Hal pertama yang harus dilakukan saat putus cinta adalah menerima kenyataan hubungan berakhir. Untuk sementara, biarkan hubungan benar-benar terputus alias tidak ada komunikasi sama sekali. Pikirkan hubungan tidak berfungsi dengan baik. Cara ini akan membuat proses penerimaan lebih mudah.

2. Fokus pada diri sendiri

Sebagian besar orang saat berada dalam suatu hubungan lebih fokus pada pasangannya daripada pada diri mereka sendiri. Hal ini dapat membuat mereka kehilangan dirinya yang sebenarnya dan mulai menjadi orang lain sesuai keinginan pasangan. Setelah putus cinta adalah saat yang tepat untuk kembali fokus pada diri sendiri dan membangun kembali jati diri yang sempat hilang.

putus cinta

3. Ikuti hasrat

Sering kali saat menjalin hubungan seseorang tidak dapat mengikuti hasratnya karena pasangan. Contohnya sifat posesif, minat yang berbeda, dan tidak ada dukungan. Ketika putus cinta, lakukan segala sesuatu yang sempat tertunda seperti menari, menyanyi, berakting, kursus, studi lebih lanjut, bepergian, bertualang, atau juga sesederhana mendapatkan tato, serta yang lainnya. Ikutilah hasrat, investasikan waktu dalam mencapai impian, serta fokus pada kesukaan dan minat diri sendiri.

4. Maafkan dan lepaskan

Melepaskan kebencian, dendam, kemarahan, kecemburuan, keraguan dan rasa sakit dapat meringankan perasaan setelah putus cinta. Dampaknya terbilang luar biasa untuk meningkatkan suasana hati. Terimalah bahwa mantan pasangan sudah tidak ada lagi dan maafkan diri sendiri serta dirinya. Hal ini akan membawa ketenangan.

putus cinta

5. Move on

Beberapa orang mengalami kesulitan untuk move on setelah putus cinta. Bagi mereka menemukan sesuatu yang baru malah bisa menambah sakit hati. Padahal, move on merupakan bagian dari langkah maju.

Selain itu, move on bukan berarti harus segera menjalin hubungan dengan orang lain. Bisa juga dengan mencari teman baru, menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga, dan memikirkan masa depan. Ingat hidup tidak berakhir meskipun hubungan berakhir. Masih ada pengalaman lain yang bisa didapat dan membawa kebahagiaan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini