Kuku Kaki Berwarna Hitam? Ini Gangguan Kesehatan Dialami Tubuh

Tiara Syifa, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 481 2141572 kuku-kaki-berwarna-hitam-ini-gangguan-kesehatan-dialami-tubuh-Fm7ECS9oYs.jpg kuku kaki (Foto: Pinterest)

SEBERAPA sering memerhatikan kuku kaki Anda? Jika jarang melakukan hal tersebut, cobalah menunduk dan lihat kuku kaki Anda sekarang.

Apakah ada perbedaan warna kuku Anda? Melansir Men’s Health, berikut penjelasan tentang warna kuku kaki.

Kuku kaki berwarna ungu

 Kuku Kaki

Memar di bawah alas kuku dapat menjadi penyebab warna kuku kaki Anda menjadi ungu. Dr. Miguel Cunha, pendiri Gotham Footcare, menjelaskan, terdapat pembuluh darah luka di bawah alas kuku yang gelap. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya trauma pada kuku seperti kejatuhan benda yang berat atau tersandung dengan hebat.

Saat mengalami hal ini, Anda dapat memilih untuk membiarkan kuku tetap tumbuh hingga warna tersebut hilang atau meminta dokter untuk menanganinya. Namun, Anda harus sabar jika memilih opsi pertama karena akan memakan waktu yang lama. Jika memilih opsi kedua, kemungkinan dokter akan melepaskan kuku Anda.

Dr. Cunha menjelaskan opsi kedua dilakukan jika kuku terasa sakit. Hal itu bisa terjadi jika terdapat tekanan darah yang berkumpul di bawah lempeng kuku dan menyebabkannya tidak normal serta berlebihan.

Selain itu, menurut dr. Canuso, ahli bedah podatrik dan pendiri Dr. Canuso Skincare for Feet, kuku berwarna ungu juga dapat terjadi jika kurangnya oksigen yang didapatkan oleh kuku. Biasanya untuk penanganan masalah peredaran darah diperlukan bantuan dokter.

Kuku kaki berwarna kuning atau coklat

 Kuku kuning

Dr. Canuso menjelaskan kuku kaki berwarna kuning dan cokelat disebabkan karena adanya masalah dengan sistem pernapasan atau sistem limfatik, meskipun penyebab yang sering terjadi adalah karena diabetes atau hal lain yang lebih umum.

Selain itu, kondisi kuku kaki berwarna kuning atau cokelat bisa disebabkan oleh jamur yang yang ada dalam sepatu. Kuku akan menjadi tebal dan rapuh.

“Kondisi ini dapat disebabkan karena jamur mikroskopis menginfeksi satu kuku atau lebih. Organisme ini biasanya tumbuh subur di lingkungan yang gelap, hangat, dan lembab,” kata dr. Cunha.

Dr. Cunha juga menambahkan sepatu merupakan tempat yang sempurna untuk jamur tumbuh. Kondisi awal ditandai dengan infeksi kulit. Jamur yang menginfeksi kuku dapat menyebabkan kuku menjadi pucat, tebal, dan rapuh.

Perawatan untuk kondisi seperti ini dilakukan tergantung dari keparahan yang Anda alami, dokter bisa saja melakukan biopsi kuku untuk mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya. Anda bisa saja mencoba laser kuku untuk mempercepat proses penyembuhan, namun cara tersebut dapat menyakitkan dan belum terbukti lebih baik daripada proses penyembuhan yang lain

Kuku kaki berwarna putih atau bercak putih

 kUKU KAKI

Kondisi kuku seperti ini biasanya timbul karena adanya tekanan atau trauma pada kuku atau memakai sepatu yang terlalu kecil dan jari kaki menyentuh bagian atas sepatu.

Apabila bintik putih disebabkan karena cedera kuku, Anda dapat coba untuk mengonsumsi vitamin yang dapat memperkuat kuku seperti biotin. Anda juga harus membatasi aktivitas yang menjadi penyebab cedera.

Sama seperti kondisi kuku yang lain, proses penyembuhan untuk kuku berwarna putih atau memiliki bercak putih juga memakan waktu yang lama karena kuku hanya tumbuh satu millimeter tiap bulannya. Anda bisa membiarkannya tetap tumbuh hingga menggantikan kuku yang sebelumnya.

Namun, jika khawatir mengalami anemia, Anda harus memerhatikan gejala lain seperti kelelahan atau lemah otot. Dr. Canuso mengatakan kondisi tersebut bisa jadi gejala kekurangan protein atau anemia dan harus memeriksakannya ke dokter.

Kuku kaki berwarna Hitam

 Kuku kaki

Dr. Canuso mengatakan kondisi kuku kaki berwarna hitam memiliki banyak penyebab seperti kekurangan B12, masalah ginjal, penyakit hati, atau trauma pada kuku.

Jika kuku Anda tidak hitam sepenuhnya atau hanya terdapat garis hitam melintang itu bisa jadi karena produksi pigmen kuku berlebih dan menyebabkan kuku berwarna hitam.

Dalam kondisi ini, Anda dapat membiarkan kuku terus tumbuh hingga menggantikan kuku yang hitam. Namun, jika khawatir, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui apa masalah sebenarnya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini