nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Bujuk Anak Mau Konsumsi Makanan Sehat

Nada Husna, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 19:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 481 2141589 trik-bujuk-anak-mau-konsumsi-makanan-sehat-P9737YkHQV.jpg Ilustrasi (Foto: Washingtonpost)

Merupakan perjuangan nyata bagi setiap orangtua untuk membuat anak mereka makan makanan yang sehat dan bergizi. Tidak peduli seberapa banyak Anda bereksperimen dengan makanan untuk membuatnya menarik dan lezat, anak Anda mungkin masih belum mau mencobanya.

Dalam situasi seperti itu, Anda harus benar-benar mengkhawatirkan kesehatan si kecil. Dilansir dari Timesofindia, Jumat (13/12/2019), penelitian telah menemukan trik mudah yang dapat memastikan bahwa anak Anda mengonsumsi makanan sehat.

 Anak makan

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Education and Behavior, jika Anda menyajikan makanan pada anak taruhlah bagian yang mengandung nutrisi di tengah-tengah maka ada kemungkinan besar anak akan memakannya.

Penelitian dalam studi yang dilakukan oleh Washington State University Vancouver, para peneliti menemui 98 keluarga dengan anak-anak yang berusia antara 6-9 tahun. Selama masa studi enam minggu itu, anak-anak disajikan sayuran, seperti tomat, paprika, lentil, dan quinoa.

Mereka diperkenalkan dengan sayuran tersebut dalam tiga cara. Cara pertama, mereka berulang kali memamerkan satu makanan. Kedua, mereka memperlihatkan makanan pada anak dengan bagian nutrisi yang berada di tengah-tengah. Cara ketiga, dua makanan disajikan tanpa campuran.

 Anak makan

Pada akhir penelitian, ditemukan ketika anak-anak diberi makanan sehat lalu diberikan semacam ucapan motivasi mereka akan mencobanya.

Saat mengatakan kepada anak bahwa sayuran baik untuk kesehatan, Anda harus lebih spesifik menjelaskannya. Apa yang Anda katakan di meja makan sama pentingnya dengan apa yang Anda sajikan.

Oleh karena itu, memberi tahu mereka bahwa itu adalah "sayuran sehat" tidak akan membantu. Anda harus memberi mereka alasan yang khusus untuk hal yang sama.

Anda bisa mengatakan: "Ubi bit merah akan membantu kamu berlari cepat dan melompat tinggi, Nak." atau "Buah akan membuatmu lebih pintar."

Jadi, jika anak Anda pemilih makanan, cobalah trik ini. Mungkin akan sangat membantu bagi para orangtua di rumah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini