nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tugas Kemanusiaan Harus Sesuai dengan Aturan Pemerintah

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 14 Desember 2019 07:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 481 2141750 tugas-kemanusiaan-harus-sesuai-dengan-aturan-pemerintah-2sXo5wYacw.jpg Tugas kemanusiaan harus sesuai dengan aturan pemerintah. (Foto: Dok Okezone)

SELAIN mengurus orang yang hendak donor darah, Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan tugas kemanusiaan lain sesuai dengan aturannya. Tugas tersebut dilakukan untuk membantu pekerjaan pemerintah. 

Pada dasarnya PMI harus siap siaga membantu masyarakat. Selain membantu manusia, biasanya jika ada bencana anggotanya juga harus siap siaga.

 donor darah

Karena tugas pokok PMI harus membantu pemerintah Indonesia di bidang kemanusiaan. Terutama dalam menyelesaikan tugas kepalangmerahan, meliputi kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana.

Selain itu, ada juga pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan dan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu sesuai tema Musyawarah Nasional ke XXI “Kerja Bersama untuk Kemanusiaan”. Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin ditunjuk langsung untuk membuka perhelatan ini dari 16-18 Desember 2019.

Ketua Penyelenggara Munas XXI PMI Sasongko Tedjo mengatakan, tema ini dipilih sesuai mandat pemerintah. Karena tugasnya harus kerja bersama untuk membantu masyarakat.

"Kami dapat mandat utama yaitu auxilary to the Government atau membantu pemerintah dalam kerja kemanusiaan," kata Sasongko.

Selain membahas kinerja ke depan, ada juga pemilihan kepengurusan PMI periode 2019-2024. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla juga akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban periode kedua kepengurusan tahun 2014-2019.

bencana

"Ada juga bahasan pokok-pokok kebijakan rencana strategis PMI tahun 2019-2024. Pasti sesuai dengan amanat UU No. 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan serta Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan UU Kepalangmerahan," beber Sasongko.

Penyelenggaraan kepalangmerahan, sambungnya, merupakan salah satu pelaksanaan perikemanusiaan yang adil dan beradab. Masyarakat juga wajib mendapatkan perlindungan, terutama saat ada bencana.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini