nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Traveling Bisa Dijadikan Investasi? Ini Jawaban Travel Expert

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 14 Desember 2019 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 14 406 2141966 traveling-bisa-dijadikan-investasi-ini-jawaban-travel-expert-dqegFh7SWQ.jpg Traveling dan investasi (Foto: Nextadvisor)

MENINGKATNYA minat traveling di kalangan generasi milenial, rupanya memicu pro dan kontra di media sosial, maupun para ahli keuangan. Sebagian besar di antara mereka menyebut bahwa traveling bukanlah bentuk investasi yang positif bagi milenial.

Mengutip hasil penelitian yang dipublikasi oleh media Inggris, The Guardian, banyak milenial dengan rentan usia 18-25 tahun mengalami kebangkrutan akibat gaya hidup mewah yang dipaksakan. Salah satunya tentu saja mengikuti keinginan untuk traveling keliling dunia.

Traveling

Lantas, bagaimana tanggapan para travel expert mengenai hal ini? Menurut penuturan Claudia Kaunang, salah satu travel expert asal Indonesia, traveling baginya bukan hanya sekadar investasi namun juga cara untuk mengekspresikan diri dan berkreasi.

Bila dilakukan dengan perhitungan yang matang, traveling justru dapat mendatangkan cuan alias keuntungan.

"Traveling itu membuat saya kreatif, seperi misalnya kalau lagi melancong ke Korea, Jepang, atau Eropa, saya bisa melihat iklim bisnis di sana seperti apa, lalu saya bisa aplikasikan sepulangnya ke Indonesia. Jadi memang harus pintar-pintar dalam menyikapinya," tutur Claudia Kaunang di sela-sela acara Women Is Me besutan Okezone.com, MeTube.id, dan Bank BTN, di Kuningan City, Jakarta Selatan, Sabtu (14/12/2019).

Tak hanya itu, Claudia mengaku bisa mendapatkan banyak uang dari setiap perjalanannya. Tapi ia tidak memungkiri bahwa hal tersebut mungkin hanya terjadi pada segilintir orang. Apalagi selama ini ia sudah dikenal sebagai salah satu travel writer ternama.

 Claudia Kaunang

"Memang untuk kasus saya, traveling adalah investasi. Itulah sebabnya di tahun 2020 nanti saya mau mengeluarkan buku tentang 'create bisnis from your trip' atau gimana caranya dapat uang dari perjalanan," tegasnya.

Pernyataan tersebut ia lontarkan bukan tanpa alasan. Claudia mengklaim dirinya satu-satunya orang Indonesia yang memiliki enam bisnis perjalanan secara berlanjut, dari 6 industri yang berbeda.

Di sisi lain, Claudia juga setuju ketika mendengar asumsi dari sebagian besar wisatawan yang menyebut bahwa traveling adalah investasi menyal dan moral.

"Tapi kalau saya buat saya tidak hanya sekadar itu, tapi juga dapat mendatangkan uang. Ya misalnya kalau mau ke luar negeri dengan budget Rp50 juta, Tapi budget itu saya yakin akan balik ke saya karena saya tau bagaimana cara memanfaatkan perjalanan," tegas Claudia.

 Claudia Kaunang

Wanita yang telah menjelajahi lebih dari 50 negara di seluruh dunia itu pun menegaskan, sampai detik ini, ia sama sekali tidak memiliki piutang karena hobi travelingnya. Claudia justru mengaku telah memiliki investasi dalam bentuk properti, kendaraan, dan tabungan.

"Intinya bagi saya begini, investasi dan traveling seiring sejalan, kalau untuk orang lain itu mungkin berbeda karena itu mereka. Namun yang perlu digarisbawahi, traveling itu bukan soal gaji besar, tapi bagaimana cara kita menabung dan melakukan persiapan yang matang," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini