5 Khasiat Temulawak Herbal Indonesia yang Sudah Go Internasional, Bisa Cegah Kanker!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 14 Desember 2019 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 14 481 2141840 5-khasiat-temulawak-herbal-indonesia-yang-sudah-go-internasional-bisa-cegah-kanker-DxaDB0Obnl.jpg Temulawak punya segudang manfaat kesehatan (Foto : Ist)

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam. Tak heran apabila banyak obat-obatan herbal yang tercipta di Tanah Air bahkan hingga diekspor ke luar negeri. Salah satu herbal terkenal yang laris di pasar internasional adalah temulawak.

Presiden Komisaris PT Soho Global Health, Eng Liang Tan, menjelaskan saat ini Indonesia telah mengekspor berbagai produk herbal temulawak ke banyak negara. Beberapa diantaranya adalah Brunei, Kamboja, Kamerun, Mauritius, Mongolia, Myanmar, Filipina, Sri Lanka, Timor Leste dan Vietnam.

“Produk yang diekspor adalah herbal yang berbahan dasar temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) yang merupakan tanaman asli Indonesia. Terakhir kami mengirim sebanyak 49.187 boks dengan tujuan Kamboja. Kami berharap di masa depan temulawak ini bisa masuk ke China,” terang Eng Lian saat ditemui Okezone di Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP, turut bangga dengan keberhasilan Indonesia dalam memperkenalkan herbal temulawak ke kancah internasional. Ia berharap Indonesia bisa lebih banyak mengeluarkan produk-produk yang value added (nilai tambah) dari keanekaragaman hayati Tanah Air seperti aneka herbal lainnya.

“Produk-produk herbal atau berbahan dari alam sekarang menjadi prioritas utama pemerintah Indonesia. Kami mendorong produk-produk herbal untuk tidak hanya menjadi self care preventif (pencegahan secara alami), tapi juga bisa menjadi pengobatan,” terang Penny.

Ketua BPOM

Sebagaimana diketahui, temulawak adalah tanaman yang menghasilkan rimpang atau umbi akar. Tumbuhan ini memiliki khasiat sebagai tumbuhan herbal atau obat. Tanaman asli Indonesia ini banyak hidup di dataran Maluku, Jawa, dan Kalimantan dan masuk ke dalam keluarga jahe-jahean.

Tentunya tanaman obat yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Merangkum dari berbagai sumber, Okezone akan membahasnya satu per satu. Berikut ulasannnya :

1. Membantu masalah pencernaan

Temulawak mampu merangsang kinerja empedu untuk membantu meningkatkan sistem pencernaan. Herbal ini mampu mengatasi gangguan pencernaan, kembung serta timbunan gas dan dispepsia.

2. Osteoarthritis

Kemampuan temulawak dalam mengurangi peradangan sangat cocok bagi penderita osteoarthritis. Di India ramuan temulawak digunakan untuk mengobati penyakit ini selama ribuan tahun.

Penderitanya wajib mengonsumsi ekstrak temulawak selama enam minggu. Kandungan ibuprofen yang ada dalam temulawak bisa meredakan nyeri tanpa efek samping yang merugikan.

Temulawak

3. Kanker

Temulawak mampu mencegah dan mengendalikan kanker. Sebuah studi The Prostate 2001 mengungkap bahwa rimpang ini dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat secara signifikan dan membatasi pertumbuhannya. Temulawak bisa menghentikan pertumbuhan kanker karena kandungan antioksidan yang bisa melindungi sel dari kerusakan.

4. Menambah nafsu makan

Anak susah makan, temulawak bisa menjadi solusinya. Saat ini banyak produk penambah nafsu makan yang berbahan dasar temulawak, itu karena kandungan atsiri di dalamnya yang bisa meningkatkan keinginan untuk makan.

Temulawak

5. Melindungi hati

Temulawak sangat efektif bagi pasien yang harus mengonsumsi obat kolesterol dalam jangka panjang. Temulawak dapat berfungsi sebagai hepatoprotektor yang mampu melindungi hati akibat efek samping obat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini