nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vidi Aldiano Terserang Kanker Ginjal, Kenali Gejala dan Cara Deteksinya

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 14 Desember 2019 13:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 14 481 2141860 vidi-aldiano-terserang-kanker-ginjal-kenali-gejala-dan-cara-deteksinya-s4Rbb4WYK3.jpg Vidi Aldiano divonis terkena kanker ginjal (Foto : @vidialdiano/Instagram)

Penyanyi Vidi Aldiano lewat akun media sosial pribadinya mengabarkan terserang kanker ginjal. Pada Instagram TV, dirinya menceritakan kronologi mendapatkan vonis kanker.

Menurut pelantun lagu Status Palsu, sejak Oktober lalu sudah ditemukan daging tumbuh di ginjal sebelah kiri. Semula dokter mengatakan daging tumbuh di tubuh Vidi Aldiano itu adalah kista atau tumor jinak.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan, ternyata daging tumbuh di ginjal Vidi Aldiano adalah tumor ganas. Artinya, ia terkena kanker ginjal.

Vidi Aldiano

Vidi Aldiano divonis kanker ginjal (Foto : @vidialdiano/Instagram)

Untuk mengatasi penyakit berbahaya tersebut, Vidi Aldiano tengah menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Singapura. Dalam artikel di halaman selanjutnya Okezone akan mengulas cara mendeteksi kanker ginjal dan gejalanya. Langsung saja diklik halaman selanjutnya. 

Melansir WebMD, Jumat (13/12/2019), kanker ginjal biasanya dapat dideteksi pada tahap awal sehingga proses pengobatan bisa optimal. Hanya saja dalam banyak kasus pasien mungkin tidak memiliki gejala awal. Ketika tumor tumbuh lebih besar, baru dapat diketahui karena ada gejala-gejala yang muncul.

Gejala Kanker Ginjal

Gejala-gejala tersebut antara lain darah di urine, benjolan di samping perut, kehilangan nafsu makan, rasa sakit di sisi tubuh yang tidak hilang, dan penurunan berat badan tanpa sebab. Selain itu, muncul pula gejala lain seperti demam yang berlangsung selama berminggu-minggu, kelelahan ekstrem, anemia, dan bengkak di pergelangan kaki.

Apabila kanker telah menyebar ke organ lain, ada gejala tambahan yang mungkin muncul seperti sesak napas, batuk darah, dan nyeri tulang.

Apabila gejala-gejala tersebut muncul, segera periksa ke dokter. Biasanya dokter menyarankan untuk pemeriksaan fisik, melihat riwayat kesehatan, dan berbagai macam tes menyeluruh. Beberapa pemeriksaan yang mungkin dilakukan meliputi tes urine, tes darah, intravenous pyelogram (IVP), USG, CT-scan, magnetic resonance imaging (MRI), dan arteriogram ginjal.

Tes Urine

Berbeda dengan banyak kanker lainnya, dokter biasanya cukup yakin tentang diagnosis kanker ginjal tanpa biopsi. Meski begitu, dalam kasus tertentu biopsi tetap dilakukan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Biopsi juga dapat menentukan tingkat kanker karena perawatan untuk masing-masing tingkatan berbeda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini