nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liburan Akhir Tahun ke Dieng, Wajib Mampir ke 6 Objek Wisata Keren

Nada Husna, Jurnalis · Minggu 15 Desember 2019 16:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 15 406 2142178 liburan-akhir-tahun-ke-dieng-wajib-mampir-ke-6-objek-wisata-keren-EHMQIxQei0.jpg Liburan akhir tahun ke Dataran Tinggi Dieng. (Foto: Instagram/@vannygantinie

BAGI Anda yang menjadwalkan untuk liburan akhir tahun ke Dataran Tinggi Dieng, ada beberapa rekomendasi objek wisata yang tak boleh dilewatkan. Penasaran kan?

Tidak terasa saat ini sudah berada di penghujung tahun 2019. Menjelang Tahun Baru banyak masyarakat Indonesia yang merencanakan berlibur ke suatu tempat bersama keluarga ataupun teman.

Tahun Baru juga menjadi momen yang khas untuk berkumpul. Alasan lainnya juga karena bertepatan dengan libur sekolah dan cuti bersama.

Nah, dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Terdapat kawah-kawah aktif, danau-danau vulkanik, bukit-bukit, dan candi-candi hindu.

Objek wisata yang dikenal dengan keindahan alamnya Anda bisa meninkmati pemandangan dari atas awan, melihat jelas sunrise atau sunset dari atas bukit, danau-danau yang berwarna, dan candi-candi peninggalan Hindu.

Jika Anda belum tahu apa saja destinasi wisata di Dataran Tinggi Dieng, berikut kami sajikan tempat wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan. Simak ulasannya ditulis Minggu (15/12/2019).

1. Kawah Sikidang

 Kawah Sikidang

(Instagram/ @vannygantinie)

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Dieng. Anda bisa melihat langsung gumpalan asap yang keluar dari kawah ini. Area ini tidak berbahaya, tapi berhati-hatilah jangan terlalu dekat dengan kawah karena mengandung kadar belerang yang cukup tinggi.

2. Dieng Plateau Theater

Liburan Anda di Dieng tidak lengkap rasanya jika tidak singgah ke Dieng Plateau Theater. Tempat ini seperti bioskop pengunjung bisa menyaksikan film dokumenter seputar gunung berapi dieng berdurasi 20 menit.

3. Candi Arjuna

 Candi Arjuna Dieng

Tak hanya keindahan kawahnya, di Dataran Tinggi Dieng juga terdapat komplek candi-candi peninggalan Hindu yang telah dibangun pada abad ke-7 Masehi. Dari 10 candi yang berada di Dataran Tinggi Dieng, Candi Arjuna salah satu candi yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun asing.

4. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin adalah sebuah tebing yang berada di ketinggian. Anda bisa melihat keindahan dua telaga, Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang berada di bawah tempat Anda berdiri.

5. Telaga Warna

Telaga Warna merupakan objek wisata yang paling terkenal jangan sampai Anda melewatkannya. Dibanding telaga lain, telaga warna memiliki keunikan tersendiri warna airnya yang bisa berubah-ubah, kadang berwarna hijau, biru, merah, putih, dan bahkan lainnya.

6. Bukit Sikunir

 Bukit Sikunir

Objek wisata terakhir yang tak kalah populernya di dieng adalah Bukit Sikunir. Tempat yang dikenal dengan bukit di atas awan. Setiap harinya selalu ramai oleh para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Dieng dari atas bukit dan melihat secara langsung sunrise atau sunset.

Itulah 6 objek wisata di Daratan Tinggi Dieng yang paling populer dan yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Setelah membacanya membuat Anda tidak sabar untuk segera mengunjunginya bukan?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini