Chef Renatta Moeloek Ungkap Tips Food Pairing Kuliner Nusantara dengan Bir Hitam

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 01:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 16 298 2142698 chef-renatta-moeloek-ungkap-tips-food-pairing-kuliner-nusantara-dengan-bir-hitam-ex4ycqTiGw.jpg Chef Renatta Moeloek (Foto: renattamoeloek/Instagram)

Tren food pairing kian digandrungi pencinta kuliner Nusantara. Selain wine dan whiskey, food pairing dengan bir hitam menjadi salah satu tren yang diprediksi akan booming pada tahun 2020 mendatang. Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Chef Renatta Moeloek dalam acara Guiness Food Pairing Experience, di bilangan Jakarta Selatan, Senin (16/12/2019).

Chef Renatta mengatakan bahwa mengombinasikan minuman dengan makanan, atau yang dikenal dengan istilah food pairing ini, memang telah lama dilakukan oleh orang-orang western. Namun bukan berarti kegiatan seperti ini tidak bisa dilakukan oleh orang Indonesia.

 Makanan

Apalagi Indonesia memiliki segudang kuliner dengan karakteristrik rasa yang berbeda sesuai dengan ciri khasnya masing-masing. Nah, untuk food pairing bir hitam dengan kuliner Nusantara sendiri, Renatta menjelaskan bahwa hampir seluruh masakan Indonesia cocok dikombinasikan dengan minuman beralkohol tersebut.

"Pairing itu approachnya banyak, tapi memang rasanya harus dikontras total, atau dibenturin sekalian. Bir hitam itu kan rasanya pahit dan tingkat keasamannya cukup tinggi. Jadi kalau mau dibenturin sekalian dengan makanan yang rasanya hampir sama," terang Chef Renatta Moeloek saat ditemui Okezone di lokasi.

Renata kemudian memberi contoh kombinasi antara asinan Jakarta dan bir hitam. Seperti diketahui, kudapan ini didominasi oleh rasa asam yang cukup kuat. Sehingga bila dikombinasikan dengan bir hitam, maka after tastenya akan cenderung lebih smooth (lembut).

"Ibarat kata ditabrakin saja rasanya, atau dibiarin sama-sama berantem, tapi ujung-ujungnya harmonis juga," tegasnya.

 Laki-laki dan perempuan

Selain mengombinasikan rasa yang sama, ada satu lagi kunci sukses untuk mengombinasikan bir hitam dengan kuliner Nusantara yakni, harus pandai memodifikasi masakan.

Contoh paling sederhana adalah olahan rawon khas Surabaya. Menurut Renatta, kudapan ini juga cocok dikombinasikan dengan bir hitam, asalkan teksturnya dimodifikasi terlebih dahulu.

"Memang tidak semua makanan cocok di-pairing. Tapi kalau bisa dibilang semua tergantung bentuknya gimana. Contohnya rawon yang berkuah dan hangat, enggak mubgkin donk dipairing dengan bir hitam yang notabennya air dan dingin. Bisa kembung kan. Cara mengakalinya, saya modifikasi kuah rawon menjadi saus jadi teksturnya lebih padat," ungkap juri MasterChef Indonesia itu.

Dari segi rasa, Renatta menjelaskan bahwa cita rasa yang ada pada bir hitam sebetulnya sudah lengkap. Hanya saja minuman ini tidak memiliki rasa asin, sementara rasa gurihnya tercipta dari hasil fermentasi.

Maka dari itu, banyak orang yang mengombinasikan bir hitam dengan makanan bercita rasa asin dan yang memiliki kandungan lemak tinggi, seperti kentang goreng, karena memang saling melengkapi.

"Selain makanan bercita rasa asin, hampir semua maknan yang manis, asam, dan segar masuk. Tadi saya sajikan sambal dabu-dabu, sambal matah, dan sambal kecombrang yang rasanya manis dan aromatik. Kombinasinya cocok banget," kata Renatta.

"Jadi kalau emang penikmat bir, kenapa enggak sambil di-pairing dengan bir untuk memunculkan experience baru," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini