nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Sekedar Menyapa, Ini Rahasia Pramugari Sambut Penumpang di Pintu Pesawat

Fadhil Khatamy, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 00:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 16 406 2142715 tak-sekedar-menyapa-ini-rahasia-pramugari-sambut-penumpang-di-pintu-pesawat-g5yi9k4ol2.jpg Rahasia Pramugari di Pesawat (Foto: Okezone)

Tiap kali masuk pesawat, para pramugari biasanya menyambut para penumpang yang akan terbang. Senyum khas mereka akan terkembang diiringi ucapan selamat pagi atau selamat datang sambil menanyakan nomor kursi pesawat.

Mayoritas penumpang menganggap tindakan para pramugari tersebut sebagai sambutan terhadap para pelanggan. Faktanya di balik aksi pramugari tersebut ada maksud lain yang lebih besar dari sekedar upaya basa-basi ke penumpang.

Rahasia Pramugari Cantik

Mereka berada di dekat pintu pesawat, lalu tersenyum, sambil secara bersamaan mencatat semua penumpang yang masuk ke pesawat. Bagaimana penampilan fisik Anda atau bagaimana cara Anda berjalan, secara otomatis mulai tertanam dalam pikiran para kru pesawat tersebut.

"Penumpang berpikir kita hanya menyapa mereka di pintu," jelas Jay Robert, praktisi penerbangan, kepada Huffington Post. "Tapi mereka akan terkejut dengan sejumlah ancaman yang kita singkirkan pada tahap penerbangan yang akan menyebabkan penundaan atau bahkan membahayakan kesehatan dan keselamatan mereka."

Mereka selalu memperhatikan di mana Anda akan duduk, jika Anda merasa kesulitan untuk mengangkat barang-barang Anda sendiri dan banyak lagi. Banyak dari anggota kru atau pramugari yang akan membuat catatan. "Jika Anda adalah penumpang berbadan sehat, kalau-kalau kami membutuhkan bantuan untuk segala jenis keadaan darurat," jelas Shreyas P, yang telah bekerja untuk lima maskapai penerbangan besar.

"Saya mencari orang yang berbadan sehat yang dapat membantu masalah keamanan dalam penerbangan, serta seseorang yang tampaknya bersedia dan mampu membantu dalam evakuasi darurat. Biasanya, ini adalah seseorang yang bepergian sendirian dan mengenakan pakaian jalanan, seperti mereka dalam kondisi fisik di atas rata-rata atau dikenal sebagai personel layanan darurat, " ujar Zac Ford, awak penerbangan lainnya.

Demikian juga, Janice Bridger, menjelaskan, "Jika saya melihat seseorang yang berotot, kuat, kuat, bugar secara fisik, saya menghafal wajahnya dan membuat catatan mental di mana mereka duduk. Aku menganggap orang ini sumber daya untukku."

Pramugari juga memperhatikan jika Anda mabuk dan penumpang yang menghindari kontak mata dengan mereka.

"Saya perhatikan siapa yang melakukan kontak mata dengan saya dan siapa yang tidak. Lebih sering daripada tidak, yang tidak melakukan kontak mata membuat saya menyelidiki. Apakah mereka takut terbang? Apakah mereka merasa baik-baik saja? Apakah mereka berurusan dengan masalah pribadi? Ini adalah hal-hal yang orang tidak katakan langsung kepada Anda, dan aspek pekerjaan saya adalah memastikan semua orang memiliki pengalaman terbang yang nyaman, "jelas Stephanie Mikel dari Southwest Airlines.

Meskipun banyak dari informasi ini yang disediakan dalam dokumen, pramugari juga membuat catatan tentang jenis buku apa yang Anda bawa.

"Jika Anda membaca jurnal medis kami tahu siapa yang harus didekati untuk pertolongan pertama," jelas Shreyas.

Memang seperti itulah pramugari yang baik, karena merekalah yang menjamin kenyamanan dan keselamatan Anda jika Anda terjadi apa-apa. Pramugari memang harus lebih jeli untuk melihat para penumpang dengan berbagai keadaannya.

Lalu, pramugari bisa memilih tindakan apa yang akan dilakukan untuk menangani perilaku penumpang tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini