Share

Olahraga Bisa Membuat Seseorang Lebih Bahagia daripada Uang, Ini Faktanya

Suherni, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 16 481 2142511 olahraga-bisa-membuat-seseorang-lebih-bahagia-daripada-uang-ini-faktanya-td5eVEVjtP.jpg Olahraga bisa membuat lebih bahagia dibandingkan uang (Foto: Ist)

TERUNGKAP fakta terbaru terkait olahraga. Nyatanya, olahraga lebih penting bagi kesehatan mental daripada status ekonomi Anda.

Beberapa peneliti juga menemukan bahwa olahraga dapat membuat seseorang lebih bahagia daripada uang.  Menurut sebuah penelitian dari para peneliti di Yale dan Oxford yang dipublikasikan di The Lancet, para ilmuwan mengumpulkan data tentang perilaku fisik dan suasana hati lebih dari 1,2 juta orang Amerika.

Dilansir dari businessinsider (16/12/19) Peserta dapat memilih dari 75 jenis aktivitas fisik, mulai dari memotong rumput, mengasuh anak, dan pekerjaan rumah hingga angkat berat, bersepeda, dan lari.

Olahraga

Peserta diminta untuk menjawab pertanyaan berikut: "Berapa kali Anda merasa tidak sehat secara mental dalam 30 hari terakhir, misalnya, karena stres, depresi, atau masalah emosional?"

Para peserta juga diberi pertanyaan mengenai pendapatan bulanan dan aktivitas fisik termasuk olahraga yang dijalani.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang aktif secara fisik sama bahagianya dengan mereka yang tidak berolahraga tetapi memiliki gaji Rp30 juta per bulan. Pada dasarnya, Anda harus menghasilkan lebih banyak uang untuk mendapatkan kebahagiaan yang sama dengan olahraga.

Olahraga jelas baik untuk Anda, tetapi itu tidak berarti semakin banyak olahraga yang Anda lakukan semakin bahagia. Karena jika Anda terlalu banyak berolahraga dapat merusak kesehatan mental Anda.

Olahragaq

Penulis studi Adam Chekroud dari Yale University di London dalam sebuah wawancara dengan Die Welt mengatakan, bahwa aktivitas fisik berkontribusi pada kesejahteraan mental yang lebih baik hanya ketika jatuh dalam kerangka waktu tertentu dan hubungan antara durasi olahraga dan beban mental,"

Menurut penelitian, olahraga untuk peningkatan kualitas hidup agar lebih bahagia yang dianjurkan adalah dengan 3 hingga 5 tiga hingga lima kali olahraga dalam sepekan. Masing-masing berlangsung antara 30 hingga 60 menit.

Para ilmuwan juga memperhatikan bahwa olahraga tertentu yang melibatkan sosialisasi seperti olahraga tim, dapat memiliki lebih banyak efek positif pada kesehatan mental Anda daripada yang lain.

Olahraga

Terlepas dari kenyataan bahwa baik bersepeda maupun aerobik dan kebugaran secara teknis tidak dianggap sebagai olahraga tim, kegiatan ini juga dapat memiliki efek positif yang cukup besar pada kesehatan mental Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini