nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahui 3 Tipe Bentuk Tubuh agar Mudah Turunkan Berat Badan

Fadhilah Annisa, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 18:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 16 481 2142534 ketahui-3-tipe-bentuk-tubuh-agar-mudah-turunkan-berat-badan-UTZIzQRQ0E.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Setiap orang memiliki tipe tubuh yang berbeda, yang ditentukan oleh gen dan hormon kita hasilkan selama masa pubertas. Secara umum, terdapat tiga tipe bentuk tubuh berdasarkan gen, yaitu: Ectomorph, Mesomorph, Endomorph.

Bentuk tubuh ectomorph biasanya memiliki kerangka kecil dan sedikit lemak tubuh, mesomorf memiliki kerangka tubuh sedang, mengembangkan otot dengam mudah dan jenis tubuh ini mudah dalam menurunkan berat badan, dan endomorph memiliki kerangka besar dan bentuk tubuh melengkung.

Dengan mengetahui bentuk tubuh yang kamu miliki, ini akan membantu kamu mengetahui makanan apa yang harus kamu makan atau hindari.

Dilansir dalam The Sun Online, Senin, (16/12/2019), Terri-Ann selaku pendiri Terri Ann 123 Diet Plan, memberikan informasi mengenai tiga tipe tubuh dan apa yang harus dimakan setiap kategori untuk mengurangi berat badan.

 Timbangan

1. Ectomorph

Menurut Terri-Ann, tubuh bentuk ectomorph cenderung ramping secara alami dan memiliki metabolisme yang cepat. Dengan metabolisme yang sangat cepat itu membuat seseorang dengan bentuk badan ini sulit untuk menambah berat badan.

“Memiliki metabolisme yang cepat berarti kalori yang terbakar jauh lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang metabolismenya stabil atau lambat, artinya kamu mungkin kesulitan mempertahankan atau menambah berat badan,” kata Teri-Ann.

Seseorang yang memiliki tipe tubuh ectomorphs harus fokus pada makanan yang mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Terri-Ann mengatakan “Jika kamu memiliki tipe tubuh ini, kamu benar-benar perlu memastikan bahwa asupan kalori kamu cukup besar untuk memastikan tubuh kamu dipenuhi dengan energi yang dibutuhkannya.”

Untuk tubuh ectomorph yang ingin melakukan diet maka harus mengonsumsi protein seperti daging tanpa lemak dan telur karena akan membantu membangun massa otot. Makanan yang tinggi karbohidrat, seperti pasta gandum dan beras merah, akan membantu meningkatkan asupan kalori kamu namun tetap terdiri dari diet seimbang yang sehat.

Latihan terbaik untuk ectomorphs: Latihan pembentukan otot seperti latihan beban dan squat yang akan membantu berkontribusi untuk membangun massa otot.

2. Mesomorph

Tipe tubuh mesomorph adalah bentuk yang berada di tengah-tengah ectomorph dan endomorph. Menurut Terri-Ann, mesomorph memiliki fisik yang digambarkan seperti bentuk tubuh atletis, yang berarti mereka memiliki struktur tulang yang cukup besar dan otot yang besar. Orang yang memiliki jenis tubuh ini akan mudah menurunkan atau menambah berat badan.

Terri-Ann mengatakan, “Ini pada dasarnya tipe tubuh yang sempurna untuk membangun dan memelihara otot karena mereka secara alami kuat dan mendapatkan otot dan lemak jauh lebih mudah daripada tipe tubuh lainnya.”

 Makanan

Makanan yang harus dikonsumsi oleh mesomorph yaitu makanan tinggi karbohidrat kompleks seperti gandum dan kacang-kacangan serta protein tanpa lemak. Dalam hal diet mesomorph harus mengikuti diet seimbang yang sehat yang sedikit lebih tinggi dalam karbohidrat.

“Untuk mesomorph, prinsip dasarnya adalah mengikuti diet seimbang sehat yang sedikit lebih tinggi karbohidratnya,” kata Terri-Ann.

Tubuh akan merespons dengan baik ketika kamu memberinya bahan makanan sehat dan toleransi tinggi mesomorph terhadap karbohidrat dan mengubahnya menjadi bahan bakar berati kamu bisa memakannya lebih teratur dan merasakan manfaatnya.

"Cobalah untuk makan makanan tinggi karbohidrat kompleks seperti gandum, kacang-kacangan dan sayuran, protein tanpa lemak seperti lentil, ikan putih dan yoghurt Yunani dan juga lemak sehat seperti alpukat dan kacang-kacangan."

Latihan terbaik untuk mesomorph: Latihan beban dan latihan kardio disarankan untuk tetap sehat dan kamu akan melihat hasil dengan cukup cepat.

3. Endomorph

Orang dengan tipe tubuh endomorph cenderung secara alami memiliki presentase lemak tubuh yang lebih tinggi dari jenis bentuk tubuh yang lain.

Terri-Ann mengatakan: "Endomorph adalah seseorang yang biasanya digambarkan sebagai cukup 'kekar'."

Dari segi fisik berarti mereka cukup bulat dalam penampilan mereka, tubuh ini memperoleh lemak dengan cukup mudah dan memiliki metabolisme yang lambat, yang berarti mereka merasa sulit untuk menuruni berat badan.

“Endomorphs harus menghindari diet yang sangat tinggi dalam makanan yang berkontribusi pada kenaikan berat badan lebih lanjut,” jelas Terri-Ann.

“Metabolisme lambat ini sering menjadi faktor kunci dalam kenaikan berat badan kerna endomorph mungkin berjuang untuk mempertahankan berat badan dan merupakan tipe orang yang merasa seolah-olah mereka hanya melihat sepotong kue dan menambah 10lbs (4,54 kg)," lanjutnya.

 Olahraga

Orang yang memiliki tipe tubuh endomorph harus menghindari diet yang sangat tinggi dalam makanan yang berkontribusi terhadap penambahan berat badan termasuk karbohidrat olahan, seperti roti putih dan pasta, dan makanan tinggi gula dan lemak. Sebagai gantinya fokus pada protein tanpa lemak, buah, dan sayuran.

Latihan terbaik untuk endomorph: Latihan harus lebih difokuskan pada kardio untuk membantu mempercepat metabolisme tubuh kamu, tetapi latihan beban juga dapat membantu. Cobalah untuk menyeimbangkan latihan kamu untuk membantu mengubah lemak menjadi otot.

Meskipun demikian, personal trainer dan pemilik No1 Fitness Harry Thomas telah memperingatkan bahwa penurunan berat badan tidak selalu berhubungan dengan tipe tubuh seseorang.

Dia berkata: "Dengan penurunan berat badan, sejujurnya tidak ada hubungannya dengan tipe tubuh atau makanan yang dimakan. Ini tergantung pada keseimbangan energi terlebih dahulu."

Namun, jika dengan mengetahui tipe tubuh membuat kamu lebih berhati-hati dengan apa yang kamu makan, dijamin kamu akan mengurangi asupan kalori dan mengurangi lemak tubuh.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini