nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Keliru, Ini Bedanya Yoga dan Pilates

Annisa Ratna Setiawati, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 21:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 16 481 2142614 jangan-keliru-ini-bedanya-yoga-dan-pilates-vktIfG09EB.jpg Bedanya yoga dan pilates (Foto: Pinterest)

SERING dianggap sama, tapi yoga dan pilates kerapkali dijadikan perdebatan. Pernahkah kamu bertanya-tanya, apa saja sih perbedaan antara keduanya? Mana yang lebih cocok untukmu? Mana yang lebih baik? Meskipun begitu kedua olahraga tersebut sama-sama poluler khususnya dikalangan wanita.

Perlu diketahui, antara yoga dan pilates mempunyai intensitas yang rendah serta memiliki elemen perenggangan dan pernapasan di dalamnya, juga termasuk dalam kategori "holistik" atau yang dikenal sebagai bidang yang mempunyai hubungan secara menyeluruh antara fisik, teknik, taktik, dan mental dalam suatu sesi latihan.

Gaby mengatakan, "Yoga lebih tentang spiritualitas dan napas, sedangkan pilates berfokus pada gerakan dan kekuatan yang penuh. Mereka berdua menggabungkan kombinasi yang kuat antara tubuh, pikiran, dan jiwa," seperti dikutip Cosmopolitan, Senin (16/12/2019).

 Yoga

Ada peningkatan jumlah orang yang menghadiri kedua jenis kelas selama beberapa tahun terakhir, tetapi Gaby mengatakan bahwa di pasar saing beberapa studio dan merek berusaha untuk membuat diri mereka menonjol. Tanpa disadari telah menjauh dari 'manfaat sejati dan tradisional' yang ditawarkan yoga dan pilates secara individual.

"Itu alasan lain, mengapa orang sulit merasakan perbedaannya dan cenderung mengelompokkan yoga dan pilates bersama-sama." Sambung Gaby. Kalau seperti itu, apa perbedaan yoga dan pilates yang sesungguhnya?

1. Teknik pernapasan

Baik yoga maupun pilates, keduanya menggunakan teknik pernapasan menyeluruh. Namun, yoga biasanya cenderung lebih fokus pada teknik pernapasan daripada pilates. Dalam yoga, latihan pernapasan digunakan untuk relaksasi dan menahan pose, sedangkan dalam pilates digunakan untuk memberi otot lebih banyak energi untuk berolahraga secara efektif.

 Pilates

2. Gerakan

Kebanyakan gerakan pilates dimulai dari berbaring, sehingga tidak memberikan tekanan pada sendi. Sedangkan yoga, umumnya dimulai dari posisi berdiri.

Sangat penting bahwa apapun latihan yang dilakukan, Anda mengajari dan melatih tubuh agar mendapat kekuatan. Dalam yoga, pose sering dilakukan untuk periode waktu yang lebih lama, tergantung pada jenis yoga yang dilakukan.

Baik pilates dan yoga, kegunaannya untuk meringankan masalah punggung dengan memperkuat otot punggung untuk bekerja dengan seimbang. Namun, yoga sebenarnya dapat membuat masalah lebih buruk jika orang tersebut tidak menggunakan intinya dalam setiap pose. Sedangkan di pilates, tujuan utamanya adalah untuk memperkuat otot-otot inti serta semua gerakan harus datang dari pusat tubuh. Saat anda berbaring, berdiri, ataupun duduk.

3. Manfaat kesehatan mental

Yoga dan pilates berfokus pada koneksi pikiran dan tubuh, kedua olahraga tersebut dapat membantu mengatasi kecemasan dan depresi. Serta, membantu untuk lebih peduli pada perawatan diri dan kesehatan. Tidak sulit untuk mendapatkan hasil fisik dan kesehatan mental secara bersamaan.

4. Aksesori

Baik yoga dan pilates dapat dilakukan di atas tikar dengan alat peraga tambahan. Namun, metode pilates asli menggabungkan banyak alat yang berbeda.

Ada banyak potongan kit yang dirancang Joseph Pilates untuk membantu mendukung keseimbangan, kekuatan, dan fleksibitias pasiennya. Hal ini termasuk barrel, kursi, korektor kaki, dan alat-alat lainnya. Sedangkan pada yoga, alat peraga termasuk blok (digunakan untuk mencapai atau memegang pose tertentu) dan tali (untuk membuat peregangan menjadi sangat dalam) paling sering digunakan.

 Meditasi napas

5. Kerohanian

Pilates bukanlah pengajaran spiritual seperti yoga. Yoga menggunakan tubuh untuk terhubung dengan pikiran dan batin. Sedangkan pilates, menggunakan kesadaran untuk terhubung dengan kinerja tubuh.

Setelah mengetahui perbedaannya, timbul berbagai pertanyaan-pertanyaan lainnya. Hal ini untuk memutuskan antara kelas yoga atau pilates yang sebaiknya kamu ambil.

Kira-kira mana yang terbaik antara yoga dan pilates?

Itu tergantung pada tujuan serta apa yang kamu inginkan. Pilates umumnya merupakan opsi yang lebih aman jika kamu mengindari cedera atau mencari sesuatu yang lebih kuat. Orang pada umumnya menyukai pilates, namun orang yang ingin lebih banyak kebebasan biasanya memilih yoga. Pilates lebih banyak berpikir sedangkan yoga lebih banyak bermeditasi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini