nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Makan Jamur Bisa Jaga Kesehatan Jantung hingga Perkuat Otot

Viola Triamanda, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 07:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 16 481 2142633 sering-makan-jamur-bisa-jaga-kesehatan-jantung-hingga-perkuat-otot-khMEo3g2Fg.jpg Ilustrasi jamur. (Foto: Shutterstock)

JAMUR tergolong makanan yang digandrungi banyak masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis jamur yang menjadi favorit banyak kalangan.

Misalnya saja jamur kancing, jamur shitake, hingga jamur guchchi, yang juga dikenal sebagai jamur morel. Anda pasti pernah makan salah satunya dan bikin nagih.

Selain memang memiliki cita rasa yang enak, jamur juga merupakan makanan yang sehat. Bahkan obat-obatan Tiongkok kuno banyak yang menggunakan jamur, karena sangat berkhasiat dalam proses penyembuhan.

jamur

Jamur juga dapat membantu keberhasilan diet yang Anda jalani. Tapi ingat, Anda tidak boleh mengkonsumsi jamur secara berlebihan. Dilansir dari Pinkvilla, berikut lima manfaatnya jika Anda rajin mengonsumsi jamur.

1. Menjaga kesehatan jantung

Jamur mengandung sedikit lemak dan banyak protein, khususnya protein tanpa lemak yang tentu saja sangat bagus untuk tubuh dan kolesterol Anda. Hal ini disebabkan karena jamur memiliki banyak kandungan nutrisi yang membantu untuk menjaga kadar kolesterol Anda.

Dengan mengkonsumsi jamur, Anda juga bisa menjaga kesehatan jantung sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit jantung.

2. Memperkuat otot

perkuat otot

Dikenal kaya akan kalsium, jamur dapat memperkuat otot dan tulang Anda. Tentu saja jamur bagus untuk kesehatan tulang, serta dapat membantu mengobati masalah terkait tulang, seperti nyeri sendi dan masalah degenerasi tulang.

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Makan jamur ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya kandung antioksidan serta mineral pada jamur. Jamur juga memiliki kandungan antibiotik dan juga kaya akan vitamin.

4. Menjaga kadar gula darah

jamur

Di dalam jamur ada senyawa kromium, yang dapat membantu kadar gula Anda menjadi normal. Oleh sebab itu, jamur menjadi makanan yang sangat bermanfaat untuk pasien diabetes.

5. Menjaga sistem metabolisme

Jamur kaya akan serat dapat membantu sistem metabolisme agar tetap terjaga dan tetap sehat. Karena rendah karbohidrat, rendah lemak, dan rendah kalori, jamur merupakan makanan yang baik untuk kesehatan karena khasiatnya melimpah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini