nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penggunaan Masker Peel Off Arang Terlalu Sering Dapat Merusak Kulit

Nada Husna, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 22:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 16 611 2142630 penggunaan-masker-peel-off-arang-terlalu-sering-dapat-merusak-kulit-zVkgh1XrfO.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Masker peel off charcoal atau arang adalah tren perawatan kulit terbaru. Jika Anda aktif di media sosial, pasti menemukan video para beauty vlogger yang menempelkan pasta hitam tebal ke wajah mereka, menunggu produk mengering, dan kemudian melepasnya.

Saat masker arang mengering dan mengeras, masker ini menjebak kotoran seperti komedo hitam, komedo putih, kulit mati, dan menyumbat minyak, semuanya ditarik dari kulit ketika dilepas perlahan-lahan. Hasilnya kulit yang terlihat mengkilap, bersih, tidak berpori, terasa sangat lembut, dan halus.

Tidak bisa disangkal efektivitas produk yang banyak digemari ini. Dengan hasil yang memuaskan itu, tidak heran jika penggemar masker peel off arang cenderung menggunakan produk melebihi dari yang dianjurkan. Dilansir dari SCMP, Senin (16/12/2019), namun terlalu sering menggunakan masker peel off arang dapat membahayakan kulit Anda.

 Masker wajah

“Masker peel off menempel tidak hanya pada komedo hitam dan komedo putih, tetapi juga kulit dan rambut di wajah,” kata Dr Low Chai Ling, direktur medis The Sloane Clinic di Singapura. “Ketika masker peel off dilepas, itu menghilangkan lapisan kulit dan minyak terluar yang melindungi kulit dari lingkungan.

Pada saat yang sama, masker peel off itu mencabut rambut-rambut kecil dan halus di wajah, menyebabkan rasa sakit yang sangat berbeda. Jika Anda pernah menggosok kulit wajah Anda yang halus, Anda mungkin mengalami kemerahan, iritasi, ruam, dan sensitivitas. Masker peel off arang dapat menyebabkan masalah yang sama, terutama jika sering digunakan.

Kulit kita memiliki penghalang pelindung alami yang dikenal sebagai penghalang lipid memperkecil hilangnya kelembapan, sangat penting untuk kesehatan dan kekuatan kulit. Low mengatakan, ketika kita mengacaukan penghalang lipid ini melalui tindakan seperti penggunaan masker peel off yang terlalu sering, kulit kita menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi.

Jadi selagi Anda membersihkan pori-pori, Anda sama saja mengorbankan kesehatan kulit secara keseluruhan. Penghapusan komedo putih dan hitam, lanjut dr Low, merupakan daya tarik besar dari masker peel off arang ini.

“Namun, kerusakan kulit yang tak terlihat itulah yang paling memprihatinkan. Apa yang tidak Anda lihat dihapus adalah minyak pelindung kulit, yang sangat penting untuk fungsi kulit yang sehat," katanya.

Jika ada yang membuat tutorial resep untuk masker peel off arang buatan sendiri yang menggunakan bubuk arang aktif dan superglue, jangan menirunya karena berbahaya menggunakan ramuan seperti itu pada kulit Anda.

"Superglue mengandung cyanoacrylate, yang mengeras dengan sangat cepat," katanya. "Ketika Anda merobek masker peel off arang buatan sendiri, Anda mungkin mengalami kulit terbakar dan berisiko merusak kulit Anda secara serius."

Bila Anda menyukai ide untuk menggunakan masker peel off arang di wajah Anda, hindarilah versi buatan yang menggunakan superglue. Gunakan satu dari merek perawatan kulit dari produk yang cukup terkenal dan pastikan untuk mengikuti instruksi dari produk itu, meskipun dr Low menyarankan Anda untuk menggunakan produk tidak lebih dari sekali dalam dua minggu.

Jika Anda memiliki kulit sensitif atau kering atau menderita kondisi kulit seperti eksem, Anda harus benar-benar menghindari produk-produk tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini