nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berapa Sih Gaji Pramugari?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 13:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 16 612 2142415 berapa-sih-gaji-pramugari-F1gc4NjhEH.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PRAMUGARI memang menjadi salah satu profesi yang memiliki nilai jual tinggi di mata banyak orang. Selain karena bisa keliling dunia, seorang pramugari digadang-gadang memiliki gaji fantastis.

Bahkan, gaji pramugari nilainya terbilang mirip seperti seorang manajer di beberapa perusahaan. Pramugari mendapatkan gaji dua digit yang pasti diidamkan banyak perempuan.

Pramugari Heksa Putrie mengungkapkan jumlah penghasilan yang dia terima setiap bulan. Lewat YouTube Channel pribadinya, Heksa Putrie menyebutkan secara blak-blakan mendapatkan tiga pendapatan gaji yang rutin.

"Perlu kalian tahu gaji pramugari terbagi menjadi tiga. Yang pertama gaji pokok yang didapatkan pramugari setiap bulan. Kedua itu gaji pata atau uang pata yang dibayar setiap kita terbang. Yang ketiga gaji jam terbang, semakin kita sering terbang, salary tambah besar," tutur Heksa Putrie.

Kalau gaji pokok, Heksa Putrie mendapat sebesar Rp4,2 juta karena mengikuti nilai gaji UMR Jakarta.

Kalau gaji pokok, Heksa Putrie mendapat sebesar Rp4,2 juta karena mengikuti nilai gaji UMR Jakarta. Namun, karena dipotong oleh asuransi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, dan lainnya, Heksa Putrie mendapatkan sekira Rp3,8 juta.

Kalau grade profesi, Heksa Putrie sudah tergolong senior, karena sudah bekerja menjadi pramugari selama 7 tahun. Selanjutnya, Heksa Putrie juga menjelaskan tentang uang pata yang didapatkan.

Misalnya kalau dalam satu bulan Heksa Putrie bisa terbang sekira 80 jam, maka dia mendapatkan uang pata rata-rata Rp2 juta sampai Rp4 juta di akhir bulan.

Ditambahkannya, untuk gaji jam terbang, Heksa Putrie mengaku mendapat lebih besar. Dalam sebulan dia bisa menerima gaji jam terbang di atas Rp10 jutaan.

Kalau pramugari senior, Heksa Putrie mendapatkan Rp70 ribu per jam. Namun sebulan dia terbang bisa lebih dari 100 jam, maka bisa mendapatkan uang sampai Rp10 jutaan. "Jadi dalam sebulan jangan malas terbang atau datang terlambat agar uang jam terbangnya enggak hilang," tutur Heksa Putrie.

Namun sebulan dia terbang bisa lebih dari 100 jam, maka bisa mendapatkan uang sampai Rp10 jutaan

Lebih lanjut dia mengatakan, selama bekerja pramugari mendapatkan banyak fasilitas pendukung. Misalnya saat terbang ke luar kota pasti pramugari tidur di hotel berbintang atau mess.

Kemudian pramugari juga dijemput dan diantar ke rumah masing-masing. Jadi tak akan kehilangan uang transport saat ada jadwal terbang setiap hari.

Lebih enak lagi, kerja jadi pramugari kalau lembur di hari libur Nasional atau Hari Raya, pasti perusahaan maskapai menyiapkan insentif. Nilainya pun tidak sedikit lho, Okezoners.

"Insentif biasa kita dapatkan kalau terbang saat Hari Raya. Atau misal harus terbang di bawah pukul 05.00, pukul 03.00, pukul 02.00, itu ada uang tambahannya sendiri," ungkapnya.

Jadi, kalau ditotal berapa gaji pramugari, Heksa Putrie menyebut bisa menerima uang mulai Rp15 jutaan sampai Rp18 jutaan. Semakin lama masa kerja, pasti gaji yang didapatkan nilainya semakin fantastis.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini