Heboh Kemunculan Ular Kobra Berkepala Dua

Annisa Ratna Setiawati, Jurnalis · Senin 16 Desember 2019 23:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 16 612 2142712 heboh-kemunculan-ular-kobra-berkepala-dua-Opq7T5fYYN.jpg Ular Kobra Berkepala Dua (Foto: Sputnik)

Kemunculan seekor ular kobra berkepala dua di kota Midnapur, yang terletak di negara bagian Benggala Barat, India, bikin heboh. Ular kobra tersebut diyakini sebagai jelmaan makhluk gaib.

Alhasil ular kobra berkepala dua ini tidak dimatikan atau diusir permukiman penduduk. Sebaliknya, warga setempat justru bergegas memberi reptil tersebut makan dan melindunginya.

Dikutip dari Sputniknews, Senin (16/12/2019), ahli zoologi Soma Chakraborty, memiliki penjelasan lain. Dia menegaskan bahwa ular kobra berkepala dua ini bukan jelmaan makhluk gaib.

"Ada dua alasan untuk hewan mutasi ini. Ular kobra berkepala dua ini bisa mengalami kerusakan hasil genetik karena ekologi yang buruk ataupun juga karena pemisahan embrio yang tidak sempura. Dalam kasus ini, sama saja seperti kasus yang terjadi pada kembar siam," terangnya.

Chakraborty kembali menekankan bahwa ular kobra berkepala dua ini bukanlah fenomena baru karena termasuk dalam kelainan yang biasa. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri kejadian ini terbilang langka.

Ular kobra berkepala dua yang ditemukan diketahui sebagai monocled cobra atau Naja Kaouthia. Kobra monocled diketahui agresif serta gigitannya sangat beracun.

Biasanya kobra ini tersebar luas di wilayah Asia Selatan dan Tenggara. Ular kobra jenis ini juga terdaftar sebagai Least Concern atau spesies risiko rendah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini