nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Okonomiyaki Makanan Jepang Lagi Tren di Kalangan Masyarakat Urban

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 17 298 2143106 okonomiyaki-makanan-jepang-lagi-tren-di-kalangan-masyarakat-urban-jFv4sj53IF.jpg Okonomiyaki lagi tren di kalangan masyarakat urban. (Foto: Pradita Ananda/Okezone)

BICARA makanan Jepang, dulu masyarakat Indonesia hanya familiar dengan sushi, ramen, bento, hingga udon. Tapi kini okonomiyaki menambah daftar menu makanan favorit orang Indonesia.

Kehadiran okonomiyaki pun semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Makanan khas Osaka satu ini dari waktu ke waktu sangat diminati oleh masyarakat urban, seperti di Jakarta.

okonomiyaki

Hidangan okonomiyaki sendiri, diketahui hadir dengan dua gaya yang berbeda yakni gaya ala Osaka, dan gaya Hiroshima atau disebut Hiroshimayaki. Sedangkan untuk cara makan dan penyajian, aslinya di Osaka sendiri okonomiyaki terbiasa dijadikan lauk yang bisa disantap bersama soba ataupun nasi sebagai sumber karbohidrat.

Berbeda dengan di Indonesia, sejauh ini okonomiyaki lebih populer disantap sebagai salah satu menu camilan alias makanan ringan. Pastinya tetap menggugah selera. 

Okonomiyaki juga hadir dengan berbagai tipe, contohnya hanya berisi daging ayam atau seafood. Sebetulnya okonomiyaki tipe apa sih yang digemari oleh masyarakat Indonesia?

Diungkapkan oleh Manajer Restoran Chibo, Imelda Budiman, sejauh ini masyarakat Indonesia cenderung menggemari okonomiyaki paket lengkap. Isinya berisi daging lengkap mulai dari ayam, seafood dan daging sapi.

“Di sini cenderung suka yang isiannya lengkap, ada sayurnya, ada daging ayamnya, ada seafood-nya juga,” ujar Imelda, saat dijumpai Selasa (17/12/2019) di Gandaria, Jakarta Selatan.

Selain itu, kata dia, omusoba juga banyak yang suka karena ada omeletnya, termasuk soboro beef omelet. Perpaduan omelet dengan daging sapi ini juga jadi salah satu favoritnya.

Okonomiyaki juga merupakan makanan yang sifatnya mudah dinikmati. Ketika dipadukan dengan nasi, mi, atau mau dimakan langsung, rasa okonomiyaki tidak berubah.

okonomiyaki

"Terutama yang gaya Hiroshima karena sudah ada yakisobanya. Di dalam adonan aslinya sudah dikasih kembang kol. Mau dikasih topping daging ayam, daging sapi, atau seafood itu enggak akan mengubah rasa asli si okonomiyaki itu,” tutup Imelda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini